Plt Bupati Cianjur: Percepat Proses Cetak KTP

SISIR JALAN: Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman mengantarkan langsung KTP-elektronik kepada salah satu warga Kelurahan Pamoyanan.FOTO: HUMAS PEMKAB CIANJUR FOR RADAR CIANJUR

RADARCIANJUR.com – Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman mengantarkan langsung KTP-elektronik milik warga di Gang Mawar, Kelurahan Pamoyanan, Kecamatan Cianjur dengan bersepeda. KTP-elektronik itu langsung diberikan sesaat setelah dicetak melalui proses perekaman di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur.

“Ini simbolis ke beberapa warga Kelurahan Pamoyanan. Saya akan upayakan terus supaya proses perekaman dan pencetakan KTP-el ini bisa dipercepat,” kata Herman, Jumat (14/2).

Herman yang didampingi oleh Kepala Disdukcapil Cianjur, Munajat, Kepala Bagian Umum Cianjur Dony Herdyana, Camat Cianjur Tomtom Dani Gardiat, dan perangkat kelurahan juga menanyakan soal rentang waktu sejak perekaman hingga mendapatkan KTP-el secara fisik.

Beberapa warga mengaku mendapatkannya dalam rentang waktu satu hingga empat bulan. Menurut Haji Herman, jangka waktu ini masih terlalu lama untuk ukuran Cianjur. “Saya instruksikan agar bisa lebih dipersingkat. Memang perlu inovasi dan terobosan soal perekaman dan pencetakan KTP-el ini,” tuturnya.

Pemkab Cianjur melalui Disdukcapil memang mencoba untuk melakukan beberapa upaya mengurai antrian perekaman KTP-el yang selama ini terpusat di Kantor Disdukcapil. Antara lain dengan membagi pusat perekaman KTP-el di tujuh titik, di dukcapil dan enam kantor kecamatan yang berdekatan. Saat ini kebijakan tersebut juga tengah dihentikan sementara karena tengah dilakukan pencetakan masal, namun kembali akan dibuka awal maret.

Selain itu, melalui Cianjur Ngawangun Lembur (CNL) di tiap kecamatan juga diikutsertakan Disdukcapil agar masyarakat di tiap kecamatan bisa hadir dan mengurus KTP-el saat perhelatan CNL di kecamatannya. “Silahkan warga tiap desa di kecamatan yang sedang dilaksanakan CNL, datang dan lakukan perekaman cepat,” kata orang nomor satu Cianjur itu.

Herman juga mewanti-wanti agar para perangkat kecamatan hingga satuan terkecil RT segera mendorong warganya yang belum memiliki KTP-el agar mengurus kelengkapan identitas tersebut. “KTP elektronik penting karena ini syarat dasar dan utama jika memang warga tersebut nantinya membutuhkan bantuan sosial. Tanpa KTP-el akan sulit pendataannya,” kata Haji Herman

Setelah membagikan KTP ke warga, Haji Herman juga meninjau pelayanan di RSUD Sayang sekaligus melakukan medical check-up secara keseluruhan. “Saya memang rutin melakukan check-up supaya tetap fit dan kesehatan terkontrol. Sempat meninjau juga soal kualitas pelayanan. Insya Allah akan terus ditingkatkan,” papar Herman. (*/yaz)