Tantang Persis, Persib Pantang Ternoda di Solo

DUET BARU:Penyerang baru Persib Bandung Geoffrey Castilion dan Wander Luiz saat mengikuti latihan di Inspire arena, Cihideung, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (31/1). Foto : TAUFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG

RADARCIANJUR.com – Laga persahabatan Persib kontra Persis akan digelar di Stadion Manahan, Solo, hari ini, Sabtu (15/2). Untuk laga kali ini, Maung Bandung asuhan Robert Alberts membawa 25 penggawa.

Meskipun Geoffrey Castillion dan Wander Luiz masuk dalam daftar pemain Persib, kali ini Febri Hariyadi absen. Kepastian Febri Hariyadi tidak dibawa ke Solo didapatkan setelah PSSI melayangkan surat bernomor 408/AGB/84/II-2020 untuk Persib.

Febri mesti menjalani pemusatan latihan bersama 33 pemain lain yang dipanggil ke Tim nasional (Timnas) Indonesia untuk laga Pra-Piala Dunia 2022 zona Asia. “Bersama surat ini kami sampaikan bahwa Tim Nasional Senior Indonesia akan mengikuti pertandingan lanjutan Kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022 putaran 2. Sehubungan dengan hal tersebut, PSSI akan melakukan pemusatan latihan di Jakarta pada tanggal 13 hingga 23 Februari 2020. Maka dengan ini PSSI memanggil Sdr. Febri Hariyadi,” bunyi surat yang ditandatangani oleh Ketua PSSI, Mochamad Iriawan.

Dalam laga uji coba terakhir pada Selasa (11/2), Persib mampu mengalahkan Barito Putera 2-1 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung. Sempat unggul dua gol melalui Esteban Vizcarra, Maung Bandung gagal melakukan clean sheet setelah Alexander Rakic membobol gawang kiper pengganti, I Made Wirawan.

Kali ini, lawan yang dihadapi Persib adalah Persis Solo yang berlaga di Liga 2 2020. Bermain di Solo akan membuat pasukan Robert Alberts merasakan panasnya atmosfer penonton di markas lawan. Hal ini penting Maung Bandung demi mengarungi Liga 1 2020. Apalagi, musim lalu, dari 17 pertandingan tandang, Persib hanya menang 4 kali, sisanya 7 seri, dan kalah 6 kali.

Meski berstatus tuan rumah, Persis memiliki materi pemain yang bagaimana pun ada di bawah Persib. Laskar Sambernyawa musim ini sudah menarik mantan pemain belakang Persikabo Bogor, Joko Susilo. Keberadaan Joko akan membuat barisan pertahanan Persis makin komplet.
Mereka sudah punya nama-nama seperti Bruno Casimir, M Alaik Sobrina, hingga Susanto. Pelatih Persis, Salahudin, menegaskan laga kontra Persib bukan cuma sebatas mencari menang-kalah semata. “Bukan mencari menang atau kalah, tetapi saya ingin taktikal dan program fisik (yang) selama ini (sudah digeber) diterapkan di lapangan,” tuturnya.

Persib kali ini membawa penjaga gawang baru mereka, Teja Paku Alam, bersama sang senior Made Wirawan. Di sektor pemain lapangan, kecuali Febri Hariyadi, seluruh penggawa Maung Bandung diboyong. Ini termasuk Zulham Zamrun, Fabiano Beltrame, hingga Victor Igbonefo.(tir)