Tiga Kampung di Cimacan Dikepung Banjir

Banjir terjadi di tiga kampung, yakni Babakan Siur, Kampung Sampay, dan Kampung Cimacan, Dusun satu, Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, Sabtu (15/2) sekitar pukul 12.30 Wib.

RADARCIANJUR.com – Banjir terjadi di tiga kampung, yakni Babakan Siur, Kampung Sampay, dan Kampung Cimacan, Dusun satu, Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, Sabtu (15/2) sekitar pukul 12.30 Wib.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, banjir diduga karena hujan deras serta adanya limpahan air dari Cibodas, yang diperparah dengan kondisi drainase kurang berfungsi baik. Banjir itu mengakibatkan belasan rumah warga terendam.

Sekretaris Desa Cimacan, Rahmat menuturkan, debit air yang cukup tinggi dari hulu Sungai Cikundul, Cibodas, ke selokan warga hingga ke pemukiman dilanda banjir.

“Memang ada sekitar belasan rumah yang terdampak. Kami sudah mengecek dan akan segera mengevaluasi penyebab banjir kemarin,” katanya saat dikonfirmasi, Minggu (16/2).

Rahmat menyebut, banjir tersebut mengingatkan banjir 17 tahun silam. Hanya saja, kejadian kali ini tidak begitu parah. Walaupun membuat kerugian material masyarakat, hingga ada satu motor yang terparkir terseret arus air.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Hanya memang kerugian material warga. Insyaallah mudah-mudahan kami bisa segera tangani,” ujarnya.

Penanganan selanjutnya dari pemdes yakni, segera mengecek sejumlah selokan yang ada. Karena memang, diakuinya, ada beberapa drainase yang di atasnya terdapat bangunan atau sudah dibeton.

“Demi ketertiban lingkungan, mungkin kami akan bongkar jika memang di atas drainasenya ada bangunan,” tambahnya.

Selain itu, pihaknya juga telah memasukkan program penanganan bangunan baik untuk Tembok Penahan Tebing (TPT) maupun akses bangunan bagi warga lainnya di anggaran Tahun 2020 ini.

“Tahun ini kami segera tangani potensi bencana ke pemukiman warga. Kami sudah sering mengingatkan warga supaya lebih berhati-hati dan waspada ketika terjadi hujan dengan intensitas besar. Terutama kepada anak-anak. Mudah-mudahan tidak ada lagi kejadian seperti kemarin,” pungkasnya.

(dan)