Mari Sukseskan Sensus Penduduk 2020

HANYA LIMA MENIT: Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman melakukan input data diri dan keluarga secara online. FOTO: HUMAS PEMKAB FOR RADAR CIANJUR

RADARCIANJUR.com – Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman menandatangani komitmen dukungan terhadap pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 di Kabupaten Cianjur. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur siap mendukung penuh pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

“Saya atas nama Pemkab Cianjur mengajak semua pihak untuk turut menyukseskan Sensus Penduduk di Cianjur. Saya juga sudah memerintahkan semua OPD Cianjur untuk membantu BPS dalam pelaksanaan Sensus Penduduk di Cianjur,” kata Herman saat membuka rapat koordinasi dan konsolidasi pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 di Ruang Rapat Bappeda Cianjur, Selasa (18/2).

Ada lima poin imbauan Herman kepada jajaran OPD terkait pelaksanaan Sensus Penduduk 2020. Pertama, seluruh jajaran OPD diimbau untuk melakukan sensus secara online. Pelaksanaan sensus secara online telah berjalan pada 15 Februari-31 Maret 2020.

Kedua juga menyebarkan informasi mengenai sensus ini kepada media, forum masyarakat, WA grup, dan medsos. “Selanjutnya membantu publikasi, mengajak warga masyarakat berpartisipasi, dan membantu petugas sensus,” kata Herman.

Menurut Herman, data sangat penting untuk menjadi dasar dari sebuah kebijakan. Data yang valid membuat kebijakan menjadi tepat sasaran, sehingga seluruh rencana kebijakan bisa mendapatkan hasil maksimal.

“Apalagi sekarang Cianjur sedang mengejar peningkatan IPM (Indeks Pembangunan Manusia). Tentunya data ini sangat berguna bagi upaya peningkatan IPM di Kabupaten Cianjur,” ujarnya.

Untuk pertama kalinya, BPS memakai sistem daring (online) dalam melakukan sensus penduduk. Masyarakat hanya perlu menyiapkan kartu tanda penduduk elektronik atau e-KTP dan kartu keluarga (KK) yang di dalamnya terdapat nomor induk kependudukan (NIK).

Haji Herman, sapaan akrab Herman Suherman, juga turut mensukseskan Sensus Penduduk 2020 di Kabupaten Cianjur dengan melakukan input data untuk dirinya dan keluarganya secara online melalui perangkat komputer di Kantor Bappeda Kabupaten Cianjur.

Terpantau, Haji Herman menyelesaikan sensus secara online selama lima menit.

Sensus online bisa dikerjakan secara mandiri melalui website sensus.bps.go.id dengan pengisian data pribadi dan keluarga.

Berdasarkan data Disdukcapil Kabupaten Cianjur, Haji Herman memperkirakan ada peningkatan jumlah penduduk Kabupaten Cianjur. Saat ini catatan penduduk menurut data Disdukcapil Kabupaten Cianjur, jumlah penduduk hampir mencapai 2,4 juta. “Perkiraan sekarang sudah hampir 2,8 juta penduduk Cianjur. Begitu cepat peningkatan penduduk kabupaten cianjur,” kata Haji Herman.

Herman mengapresiasi kinerja dari BPS Cianjur dan Camat se-Cianjur dalam persiapan pelaksanaan Sensus Penduduk 2020. Haji Herman optimis Sensus Penduduk 2020 di Cianjur bisa lancar dan sukses 100 persen.

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresisi kepada BPS Cianjur dan juga para Camat yang terlihat lebih aktif dari sebelumnya. Insya Allah dengan kebersamaan, Sensus Penduduk 202p akan lancar dan tepat waktu,” ungkapnya. (*/yaz)