Longsor Tangkil Timbun Pengendara

AIR CAMPUR LUMPUR: Untuk membersihkan material longsor yang mencapai tinggi dua meter, BPBD dibantu Retana, Polisi, Babinsa dan Damkar. FOTO: FADILAH MUNAJAT/ RADAR CIANJUR

RADARCIANJUR.com – Hujan deras yang terjadi sejak pagi hari kemarin membuat material tanah di Kampung Tangkil Kaler RT03/RW01, Desa Babakankaret, Kecamatan Cianjur longsor. Satu orang pengendara yang melintas saat itu nyaris saja menjadi korban.

Adalah Deni (31) yang harus menjalani perawatan di RSUD Cianjur. Warga Kampung Tangkil Kaler RT03/RW01, Desa Babakankaret, Kecamatan Cianjur ini tertimpa pohon yang ambruk akibat terseret terbawa material longsor, (20/2).

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Irfan Sofyan mengatakan, bencana longsor terjadi sekitar pukul 08:00 WIB saat terjadi hujan lebat. Korban tertimpa pohon saat ia melintas dengan menggunakan sepeda motor.

Material tanah membuat akses di Kampung Tangkil terganggu. Material tanah yang longsor mencapai 15 meter dan tinggi 8 meter. “Menutupi jalan dengan ketebalan tanah sampai dua meter,” ujar Irfan.

Ia menambahkan, material longsor merupakan tanah yang bercampur air dan lumpur. Sedangkan untuk penanganan terpaksa harus melibatkan Damkar untuk membersihkan jalan. “Evakuasi melibatkan BPBD, Retana, Polisi, Babinsa, Damkar dan warga sekitar,” tuturnya.

Menurutnya, material longsor baru berhasil di evakuasi setelah empat jam. “Sekarang sudah berhasil dievakusi dan jalan sudah bisa dipergunakan kembali,” papar Irfan.

Lanjut Irfan, lokasi tebing yang longsor selanjutnya harus dibuatkan terasering agar tidak lagi terjadi longsor. “Itu tanahnya labil,” pungkasnya. (dil)