Besok Nyoblos Pilkades, Polres Geser Pasukan ke Polsek

GELAR PASUKAN: Polres Cianjur gelar pasukan persiapan pengamanan Pilkades serentak, pada 23 Februari 2020. FOTO:Humas Polres Cianjur For Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Sebanyak 1.195.459 warga di 247 desa se Kabupaten Cianjur akan menyalurkan hak pilihnya pada gelaran Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, Minggu 23 Februari 2020 besok.

Persiapan pun digeber mulai dari tingkat kabupaten dibawah koordinasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMPD) Kabupaten Cianjur, kecamatan hingga tingkat panitia pemilihan Pilkades.

Kepala Bidang Bina Tata Pemerintahan Desa dan Lembaga Kemasyarakatan DPMPD Kabupaten Cianjur, Asep Suhendra mengungkapkan, pihaknya sudah memetakan petugas yang akan memantau keberlangsungan Pilkades 2020 di 247 desa.

Bahkan pematauan tersebut melibatkan beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) yang turut membantu mensukseskan terselenggaranya Pilkades serentak 2020.

“Jelang Pilkades 2020 pada hari Minggu (23/2) kita akan memantau sesuai tupoksi, dalam pelaksanaanya melibatkan OPD terkait ke setiap desa yang melaksanakan Pilkades,” kata Asep kepada Radar Cianjur, Jumat (21/2).

Selain itu, mengenai meninggalnya salah satu calon kades di Desa Kawungluwuk Kecamatan Sukaresmi, dinilainya tidak akan mengganggu berjalannya pesta demokrasi di tingkat desa tersebut.

Bahkan, pihaknya berserta panitia Pilkades sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai mekanisme pencoblosan dengan berkurangnya satu kandidat tersebut.

“Kertas suara pencoblosan sudah proses pencetakan, yang meninggal kemarin juga sudah terpampang di pilihan. Kita melakukan sosialisasi ke masyarakat beserta panitia. Sehingga ketika ada masyarakat yang memilih, kita anggap suaranya tidak sah,” ungkapnya.

Sementara itu, mengenai persiapan pengamanan Pilkades, Polres Cianjur melakukan apel pergeseran pasukan ke setiap polsek-polsek yang ada di Kabupaten Cianjur.

Sebanyak 837 personel gabungan akan disebar di 961 tempat pemungutan suara (TPS) yang turut melibatkan dari PJU serta jajaran Kapolsek, perwira, Taruna Akpol, siswa Latja Sepolwan, dan anggota Polres Cianjur.

Selain itu, penambahan personil pun turut dibawakan dari Brimob Polda Jawa Barat, Pasukan Dalmas Polresta Sukabumi dan Polres Kabupaten Sukabumi.

Kapolres Cianjur, AKBP Juang Andi Priyanto mengatakan, Polres Cianjur turut memiliki peranan penting dalam mengawal proses demokrasi tingkat desa tersebut, agar segalanya berjalan dengan tertib dan aman.

“Pada pengamanan nanti, Polres Cianjur akan dibantu oleh anggota dari Brimob Polda Jabar yang ditempatkan di titik rawan seperti Makopolsek Sukanagara dan Sindangbarang,” ujarnya.

Sementara untuk anggota Dalmas dari Polresta Sukabumi ditempatkan di Makopolsek Takokak, sebagian dari Brimob dan Dalmas Polres Kabupaten Sukabumi berjaga di Mapolres Cianjur dengan jumlah anggota keseluruhan 100 orang.

Selain untuk berjaga di Mapolres, anggota tersebut nantinya bertugas berjaga di wilayah kota.

Kapolres pun berpesan kepada seluruh anggota yang bertugas untuk menjaga diri dan kesehatan selama pelaksanaan pengamanan TPS. Selain itu, turut melakukan kerjasama dengan pihak-pihak di wilayah yang sedang dijaga.

“Jaga diri dan kesehatan selama pelaksanaan penjagaan TPS. Maksimalkan peranan intelejen dan satgas keamanan desa atau kang jabur dalam memetakan potensi kerawanan dalam pelaksanaan Pilkades serentak 2020,” tambahnya.

(kim)