Yuk Puasa Rajab, Seperti Ini Keutamaan dan Niatnya

RADARCIANJUR.com – Selasa (25/2/2020) kita memasuki Bulan Rajab. Pada bulan mulia ini, kita dianjurkan untuk berpuasa Rajab.

Bulan Rajab adalah salah satu bulan yang diagungkan Allah SWT. Sebab pada bulan ini terjadi Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW.

Selain itu, bulan Rajab termasuk dalam bulan Haram atau bulan yang disucikan. Bulan Haram terdiri dari 4 bulan yaitu Muharram, Rajab, Dzulqa’dah, dan Zulhijjah.

Dalam HR Imam al-Baihaqi dari Anas bin Malik, Rasulullah bersabda:

“Sesungguhnya di dalam surga itu terdapat sungai yang disebut Rajab. (Sungai Rajab) Lebih putih dari susu, lebih manis dari madu. Barang siapa berpuasa satu hari di bulan Rajab, maka Allah kelak memberinya minum dari sungai tersebut.”

Begitu juga HR At-Thabrani, Rasulullah bersabda:

“Barang siapa berpuasa pada bulan Rajab sehari maka laksana ia puasa selama sebulan, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya pintu neraka jahanam. Bila puasa 8 hari maka dibukakan untuknya 8 pintu surga. Dan apabila puasa 10 hari maka Allah akan mengabulkan semua permintaannya.

Dalam HR Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa puasa pada tanggal 27 Rajab, Allah mencatatnya seperti orang yang puasa selama 60 bulan.”

Berikut ini niat puasa bulan Rajab:

“Nawaitu sauma ghadin fi syahri rojabi sunatan lillahi ta’alaa,”

“Artinya: Aku berniat puasa sunah Rajab esok hari karena Allah SWT.”

(dtk/*)