Tingkatkan IPM Cianjur

ANTUSIAS: Sejumlah kepala sekolah dan operator sekolah SMP di Cianjur ikuti sosialisasi pelaksanaan UNBK.

RADARCIANJUR.COM – Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur menggelar sosialisasi Pelatihan Proses Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang dilaksanakan di Gedung Aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPEDA) Cianjur.

Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur, Edi Mulyana menuturkan, sosialisasi tersebut diadakan dalam rangka persiapan teknis pelatihan menghadapi pelaksanaan UNBK khususnya bagi sekolah yang akan melaksanakan UNBK.

“Materi yang disampaikan langsung oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat mengenai pelaksanaan UNBK dengan peserta kepala sekolah dan operator sekolah,” tuturnya.

Ia menjelaskan, untuk peserta yang mengikuti UNBK yakni sebanyak 180 sekolah dari 318 sekolah SMP se-Kabupaten Cianjur. Sedangkan sekolah yang masih menggunakan ujian kertas yakni sebanyak 138 sekolah.

“Pelaksanaan UNBK pada prinsipnya masih sama seperti sebelumnya. Hanya saja ada beberapa hal yang akan dibuka secara teknis oleh tim Provinsi Jawa Barat mengenai pembaharuan aturan pelaksanaan UNBK,” paparnya.

Sedangkan untuk target dari Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur sendiri, yakni diharapkan dapat meningkatkan Indeks Pendidikan Masyarakat (IPM) yang dinilai masih sangat rendah. “Sehingga dalam hal ini Disdik terus gencar melakukan beragam upaya untuk meningkatkan IPM tersebut,” pungkasnya.(riz)