UP Siap Jalankan Program Kampus Merdeka

MENERANGKAN: Rektor Universitas Pancasila (UP) Prof Wahono Sumaryono (kanan) menyampaikan keterangan capaian lembaganya.

RADARCIANJUR.com – Jakarta Rektor Universitas Pancasila (UP) Prof Wahono Sumaryono, menyebutkan kampusnya berada di papan atas perguruan tinggi swasta (PTS). Khususnya di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Dia lantas menyampaikan sejumlah capaian sepanjang 2019 lalu.

Capaian itu berdasarkan enam komponen penilaian. “SDM, kelembagaan, kemahasiswaan, penelitian, pengabdian masyarakat dan inovasi,” katanya di Jakarta Selasa (25/2). Dia menuturkan saat ini UP telah mengantongi akreditasi institusi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Kemudian dari 27 program studi yang ada, 15 program studi diantaranya telah mendapatkan akreditasi A. Kemudian 10 program studi terakreditasi B dan ada dua program studi yang masih terakreditasi C. Dia menjelaskan di tingkat nasional, dari 2.141 PTN dan PTS, mereka berada di peringkat 45. Peringkat itu dibuat oleh Kemenristekdikti yang sekarang jadi Kemendikbud.

“Peringkat itu mengalami kenaikan,” katanya. Sebab pada 2017 lalu, UP berada di peringkat 127 nasional. Kemudian pada 2018 naik di urutan ke-59. Wahono mengatakan, jika dihitung di kelompok PTS saja, maka posisi UP ada di peringkat 16. Jika dipersempit untuk area DKI Jakarta saja, UP berada di peringkat kelima dari 300 unit PTN dan PTS yang ada di ibukota.

Wahono mengatakan, UP juga terus meningkatkan kualitas penelitiannya. Saat ini mereka berada di urutan ke-45 dari 1.977 PTN dan PTS di seluruh Indonesia. Lalu di pengabdian masyarakat masuk kategori baik sekali. “Kinerja tersebut tentu berkat komitmen dan kerja keras seluruh sivitas akademika UP,” katanya. Seluruh civitas di UP selalu berusaha agar makin unggul dan terkemuka berdasarkan nilai-nilai luhur Pancasila.(jpnn)