KONI Cianjur Siap Gelar Porkab Tahun Ini

32 Koordinator Olahraga Kecamatan (KOK) dikukuhkan. Foto Fadilah Munajat/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Sudah dua periode ini, Koni Kabupaten Cianjur tak bisa melaksanakan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) dengan alasan tidak ada anggaran.

Ketua KONI Kabupaten Cianjur, Iwan Mustofa mengatakan, Porkab merupakan ajang untuk mencari bibit-bibit atlit di Kabupaten Cianjur, namun sayangnya sudah hampir delapan tahun terakhir, event multiolahraga antarkecamatan itu terpaksa vakum.

“Salah satunya kendala anggaran. Dua kali kita tak bisa melaksanakan Porkab,” terang Iwan usai pelantikan dan pengukuhan 32 Koordinator Olahraga Kecamatan (KOK) di Taman Pancaniti, Rabu (26/2).

Tidak dilaksanakannya Porkab selama dua periode ini berdampak terhadap prestasi olahraga Kabupaten Cianjur. Pada Pekan Olahraga Daerah (Porda) XIII/2018 Jawa Barat di Kabupaten Bogor, kontingen Kabupaten Cianjur berada di peringkat papan bawah.

“Sekarang Pak Plt Bupati Cianjur sangat perhatian dengan prestasi olahraga dan para atlet,” ujarnya.

Rencananya, Porkab Cianjur akan digelar pada 6-13 Juni 2020 mendatang. Pelantikan dan pengukuhan pengurus KOK merupakan salah satu bagian persiapan menjelang Porkab nanti.

“Tahun ini kami akan laksanakan Porkab. Ini juga berkat dukungan dari Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman, yang menaikkan anggaran untuk pembinaan olahraga menjadi 400 persen,” kata Iwan.

Plt Bupati Cianjur Herman Suherman menambahkan, Porkab merupakan event olahraga multicabor yang cukup penting untuk menjaring atlet-atlet berbakat. Termasuk juga pembinaan bagi para atlet berprestasi.

“Tanpa adanya itu (Porkab), saya yakin prestasi olahraga di Cianjur tidak ada bagus,” terang Herman.

(dil)