Cicah Tak Kuasa Menahan Air Mata, Rumahnya Dapat Bantuan Rutilahu

RADARCIANJUR.com – Cicah (66) warga RT 03/ RW 01 Desa Cipeuyeum Kecamatan Haurwangi, tak kuasa menahan tangis kala Plt. Bupati Cianjur Herman Suherman mendatangi rumah reyotnya pada Kamis, (27/2). Sambil terisak tangis, Cicah memeluk orang nomor satu di Cianjur itu sambil mengungkapkan ucapan terima kasih. Rumah Cicah menjadi salah satu penerima program perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur.

“Terima kasih bapak Bupati sudah membantu saya memperbaiki rumah ini. Saya doakan semoga amal ibadah bapak diterima Allah SWT,” kata Cicah sambil menangis.

Cicah juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantunya sehingga bisa mendapat bantuan Rutilahu.

“Kepada semuanya saya juga berterima kasih karena sudah mendukung dan membantu saya,” kata janda dua anak ini.

Plt. Bupati Cianjur Herman Suherman mendatangi rumah berdindingkan bambu sesek yang sudah lapuk itu. Herman sempat memasuki rumah tersebut dan mengecek kondisinya yang cukup tragis.

“Alhamdullah pada hari ini kami akan mulai merenovasi rumah ibu Cicah. Insya Allah kami dari Pemkab Cianjur akan membantu dan membuat rumahnya yang tadinya tidak layak menjadi layak.

Herman mengatakan seluruh dana untuk merenovasi rumah Cicah tersebut semuanya ditanggung oleh Pemkab Cianjur. Namun Herman meminta kepada warga sekitar yakni tetangga Cicah untuk turut membantu dalam proses pengerjaannya.

“Kami pun mengimbau kepada warga masyarakat di sekitar Desa Cipeuyeum kiranya bisa membantu ibu Cicah. Nanti dalam pelaksaannya insya Allah uangnya dari pemerintah, tenaga kerjanya biar lebih optimal bisa dibantu warga juga,” kata Herman.

Herman juga meminta kepada seluruh masyarakat Cianjur agar melaporkan apabila mengetahui ada rumah di Cianjur yang tidak layak huni.

“Dan juga saya mohon kepada masyarakat yang rumahnya tidak layak mohon disampaikan ke pemerintah kabupaten Cianjur. Insya Allah kami akan menindaklanjutinya,” kata Herman.

Selain memperbaiki rumah, Herman juga memastikan Ibu Cicih mendapat bantuan PKH dan Sembako. Herman menegaskan Pemkab Cianjur di bawah kepemimpinannya akan terus berpihak kepada rakyat kecil.

“Program rehabilitasi Rutilahu merupakan upaya Pemkab Cianjur dalam mengentaskan kemiskinan di Cianjur, kata Herman.

Herman mengakui masih banyak rumah yang masuk kategori Rutilahu dan butuh bantuan untuk direhabilitasi. Hampir setiap hari Herman mendapat aduan masyarakat. Untuk itu, Herman memastikan dengan segala keterbatasan program Rutilahu akan terus berjalan.

Selain mendatangi rumah penerima bantuan Rutilahu, hari ini Plt Bupati Herman Suherman juga menghadiri sejumlah acara. Mulai dari jalan santai dalam rangka HUT Perumdam Tirtamukti, HUT STEKMAL, dan program jemput bola layanan masyarakat Cianjur Ngawangun Lembur, yang tahun ini mengambil tema Bergerak Hadirkan Semangat Membangun Cianjur.(ars)