Musim Corona, Sehari Cipanas Sumbang 26 Ton Sampah

Sampah Cipanas
ANGKUT KE TRUK: Tim dari Dinas Lingkungan Hidup akan segera mengangkut sampah di rumah singgah Cipanas.FOTO: DADAN SUHERMAN/ RADAR CIANJUR

RADARCIANJUR.com – Mewabahnya virus corona di Indonesia termasuk di wilayah Kabupaten Cianjur, membuat pemerintah mengimbau untuk tetap melaksanakan aktivitas di rumah masing-masing.

Hal tersebut jelas membuat dampak berbagai macam persoalan. Termasuk adanya lonjakan volume sampah rumah tangga. Seperti yang terjadi di wilayah Cipanas.

Koordinator K3 Kecamatan Cipanas, Dede Ichsan mengatakan, volume sampah di musim corona seperti ini justru mengalami peningkatan sekitar 30 persen.

Peningkatan itupun diprediksi akan terus berlangsung hingga aktivitas masyarakat kembali normal.¬†“Kebanyakan peningkatan sampah itu berasal dari sampah rumah tangga,” kata Dede.

Menurutnya, peningkatan volume sampah itu pun, menjadi hal mungkin terjadi. Mengingat pada saat ini, kebanyakan warga berdiam diri dan melakukan aktifitasnya di dalam rumah.

“Ini secara logika pasti bakal ada kenaikan volume. Sebab, warga kan banyak yang diam diri dan menghasilkan sampah di rumah masing-masing,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, jumlah sampah perhari kali ini bisa mencapai 26 ton. Itupun kemungkinan besar masih bisa bertambah. Lebih lanjut ia mengatakan, jika dibandingkan hari-hari biasanya jumlah sampah rumah tangga hanya mencapai 20 ton perhari.

“Jujur saja, itu tidak dapat kami kendalikan semua, karena kondisi di lapangan yang cukup terbatas dari kami sebagai pengelola sampah di Cipanas,” kata Dede.

Ia pun berharap pada semua lapisan masyarakat dan semua unsur yang lainnya agar bisa lebih memperhatikan terhadap tim kebersihan keindahan dan ketertiban (K3) di wilayahnya.

“Karena tanpa kesadaran dan gotong royong warga Cipanas semua, tidak mungkin bisa terwujud kenyamanan dan keindahan kota tercinta ini,” tandasnya.(dan)