Cegah Corona, SDN Cipetir 1 Bangun Wastafel Cuci Tangan

PEMBANGUNAN: Orang tua siswa dan pihak sekolah bergotong royong membangun wastafel cuci tangan di SDN Cipetir 1.(FOTO: RISMA RUSTIKA SARI/RADAR CIANJUR)

RADARCIANJUR.com- Upaya menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada siswa serta warga sekolah. SDN Cipetir 1 membangun wastafel tempat cuci tangan.

Kepala SDN Cipetir 1, Sutarko mengatakan, selain pembiasaan hidup bersih dan sehat, hal itu juga salah satu cara dalam mencegah merebaknya virus Corona atau Covid-19.

“Seperti istilah sambil menyelam minum air, kita manfaatkan waktu dengan sebaik mungkin untuk melakukan perubahan di sekolah, di saat kegiatan di sekolah libur akibat dampak virus corona,” katanya.

Bahan untuk pembuatan wastafel  terbuat dari semen, hanya saja bentuknya dikreasikan hingga mirip berbentuk pohon, agar terlihat lebih menarik saat dipandang dan terinspirasi dari Back to Nature.

“Alhamdulillah, untuk revitalisasi ini kita dibantu oleh orang tua siswa mulai dari proses awal hingga akhir. Sedangkan untuk pembiayaan pembuatan wastafel berasal dari iuran dari orang tua siswa dan dana BOS,” ujarnya.

Selain pembuatan wastafel, juga dilaksanakannya penanaman pohon di area lingkungan sekolah. Di mana jumlah  pohon sebanyak sepuluh batang pohon dari orang tua siswa, sedangkan untuk pemasangan wastafel sendiri ada sepuluh unit yang dipasang di tiap- tiap kelas dan ruangan kantor , ” katanya.

Jumlah siswa di SDN Cipetir 01 sebanyak 595 orang, jumlah guru sebanyak 24 orang dengan jumlah rombongan belajar sebanyak 18 kelas.

“Dengan data itu, kita masih kekurangan sembilan ruangan kelas, dan sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Cianjur untuk pengadaan ruang kelas baru. Mudah-mudahan saja pengajuan tersebut segera direalisasikan,” harapnya.(riz)