Darurat Corona, SMPN 1 Cikalongkulon Gelar Ujian Sekolah Secara Online

ONLINE: Sejumlah Siswa SMPN 1 Cikalongkulon tengah fokus mengerjakan soal Ujian Sekolah melalui media online.

RADARCIANJUR.com- Merebaknya wabah Corona atau Covid-19 saat ini. Hal itu tidak menghalangi pelaksanaan Ujian Sekolah (US) di setiap sekolah yang ada di Cianjur. Salah satunya SMPN 1 Cikalongkulon.

Kepala SMPN 1 Cikalongkulon, Yetty Nurhayati menuturkan, pelaksanaan US tetap akan berlangsung dilaksanakan meskipun dalam situasi dan kondisi seperti saat ini.

“Karena US itu sebagai salah satu syarat untuk menambah nilai kelulusan. Sehingga anak kelas IX harus wajib mengikuti pelaksanaan US ini,” kata Yetty kepada RADARCIANJUR.com, Kamis (9/4/2020).

Dia mengatakan, pelaksanaan US hari  ini (kemarin, red) merupakan pelaksanaan yang keempat harinya. Di mana dalam pelaksanaan US kali ini dilakukan dengan sistem daring atau media online. Jadi guru memberikan pertanyaan melalui media online sepeti Whatassp  atau media online lainnya. Kemudian anak menjawabnya .

“Memang terbilang sedikit ribet, karena yang namanya media online pasti ada kendalanya salah satunya seperti masalah jaringan internet loading, mati lampu . Tetapi anak dalam hal inipun harus bisa memahami kondisi seperti saat ini dan tetap menjalankan kewajibannya tersebut dengan baik,” katanya.

Selain itu, siswa harus tetap Stand By di depan laptop maupun Handphone nya masing- masing dan harus sedia kuota . Sehingga untuk memudahkan pelaksanaan US.

Pelaksanaan US tersebut sesuai dengan surat edaran Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 4 tahun 2020.

“Pelaksanaan US selama seminggu, yakni mulai dari tanggal 06 April 2020 sampai dengan 15 April 2020 mendatang,” jelasnya.(riz)