Heboh! Vandalisme Tulisan Sudah Krisis Saatnya Membakar

Heboh tulisan dengan kalimat 'sudah krisis saatnya membakar' di Tangerang, Banten. (Istimewa)

RADARCIANJUR.com – Di tengah pandemi Covid-19, warga Kota Tangerang, Banten digegerkan dengan sejumlah aksi vandalisme yang dilakukan sekelompok pemuda. Mereka membuat tulisan bernada berita bohong atau hoax dan provokatif.

Tiga orang teridentifikasi diduga menjadi pelaku vandalisme ini. Mereka adalah Riski, Aflah dan Rio. “Sudah kita tangkap,” kata Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Edy Sumardi saat dikonfirmasi, Jumat (10/4).

Edy menjelaskan, para pelaku ini membuat tulisan dengan kalimat ‘sudah krisis saatnya membakar’. Tulisan tersebut dibuat dengan cat pilox di tembok sebuah toko di Pasar Anyar Jalan Kiasnawi Kelurahan Sukarasa, Kecamatan Tangerang.

Masih di komplek pasar yang sama, pelaku juga membuat tulisan lain dengan kalimat ‘kill the rich’, disertai lambang huruf ‘A’. Pelaku juga membuat tulisan lain ‘mati konyol, apa mati melawan’ dan ‘sudah krisis mari membakar’ di tembok Jalan Kali Pasir, Kota Tangerang. Terakhir para pelaku kembali menulis ‘kill the rich’ di Jalan Imam Bonjol.

Setelah mendapat laporan polisi, aparat langsung membekuk para pelaku di sebuah kafe Jalan Imam Bonjol, Tangerang. Dalam kasus ini polisi mengamankan sejumlah barang bukti. Di antaranya foto-foto vandilesme para pelaku, cat semprot, 1 unit sepeda motor berikut Kunci dan STNK, serta rekaman CCTV.

Akibat perbuatannya, para pelaku dijerap pasal 160 KUHP dan/atau pasal 14 dan/atau pasal 15 Undang-undang RI Nomor 1 tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

(jawapos)