Kondisi Wander Luiz Dinyatakan Membaik

Pemain Persib Bandung Wander Luiz (ist)

RADARCIANJUR.com, BANDUNG – Masa karantina penyerang Persib Bandung, Wander Luiz berakhir. Setelah dinyatakan positif terpapar virus corona, Wander Luiz langsung menjalani karantina mandiri di kediamannya.

Dokter tim Persib, Rafi Ghani, mengatakan bahwa masa karantina Luiz berakhir kemarin. Pasalnya, pemain asal Brasil itu sudah melakukan karantina sejak 26 Maret. Setelah itu, Luiz akan menjalani tes Covid-19 kedua untuk memastikan apakah dia benar-benar sudah sembuh atau belum.

“Isolasi Luiz berakhir tanggal 8 (April), dihitung dari pertama dia ketahuan kena (virus corona) tanggal 26 (Maret). Setelah itu, akan ada tes kedua untuk dia. Rencananya tanggal 9 atau 10 (April),” kata Rafi.

Lebih lanjut, Rafi mengatakan bahwa kondisi Luiz semakin membaik. Selain itu, penyerang 28 tahun itu sangat disiplin dalam menjalani proses karantinanya. Rafi optimistis, bila hasil tes kedua Luiz hasilnya akan negatif dan bisa dinyatakan sembuh.

“Saya optimis pada pemeriksaan kedua setelah isolasi mereka negatif. Insyaallah, karena sejauh ini dia melakukan program dengan sangat baik dan dari komunikasi saya setiap hari, tidak ada keluhan. Artinya dia dalam kondisi yang sehat,” tutur Rafi.

“Tetapi, biasanya setelah isolasi mandiri 14 hari dan tidak bergejala saat diperiksa lagi, hasilnya negatif,” ujarnya.

Hanya saja, Rafi belum bisa memastikan apakah Luiz bisa pergi ke Brasil atau tidak, karena dalam situasi seperti ini, setiap negara memiliki aturan atau kebijakan tersendiri terhadap pendatang yang masuk ke wilayah mereka.

“Kalau negatif. Tentu bisa pulang ke Brasil. Tetapi kita tidak tahu aturan dari negaranya karena beberapa negara tertentu ada yang bilang kalau ada yang datang dari negara pandemi, di sananya akan dikarantina lagi,” ucap Rafi.

“Tetapi untuk di Brasil tidak tahu akan seperti apa. Atau hanya bekal surat kami di sini, kami tidak tahu aturannya,” tutur Rafi.(pra)