Perintah Plt Bupati Cianjur, OPD Donor Darah ke PMI

RADARCIANJUR.com -Plt. Bupati Cianjur Herman Suherman menyatakan siap membantu PMI Cianjur memenuhi kebutuhan stok darah. Salah satu cara yang akan diambil adalah dengan membuat surat imbauan untuk OPD agar melakukan donor darah.

“Selain itu, saya sarankan juga kalau memungkinkan PMI jemput bola, hampiri pendonor ke rumah-rumah. Bisa buka pendaftaran lalu sambangi. Kalau perlu bantuan nanti bisa kami bantu,” ujar Herman, Minggu (12/4).

Karena itu Herman juga memohon pada masyarakat Cianjur bersama-sama berjuang, memberikan arti pada kemanusiaan dengan mendonorkan darahnya.

“Ingat, setetes darah kita, itu sangat berarti bagi orang lain yang membutuhkan,” tegasnya.

BACA JUGA : Jalan Penghubung Hegarmanah – Tanjungsari Longsor

Sementara, Kepala Unit Transfusi Darah PMI Cianjur dr. Sany Sanjaya menjelaskan, dampak Covid-19 ini sangat berpengaruh pada kemampuan PMI mengumpulkan darah dari pendonor.

“Di tengah pandemi ini, kami merasakan pendonor makin sulit. Mungkin juga ada rasa takut untuk datang mendonorkan darahnya, hingga stoknya mengkhawatirkan,” ujarnya.

Menurut Sany, dalam sehari, untuk Cianjur dibutuhkan 50- 60 kantong darah. Sementara saat ini, pihaknya hanya mampu memenuhi 10 persen saja.

“Jadi ketika rumah sakit atau klinik bersalin membutuhkan, kami sulit menyediakannya,” imbuhnya.

Sany menambahkan, untuk pengambilan donor darah, PMI juga telah menerapkan standar protokol kesehatan penanganan Covid-19.

“Jadi tidak usah takut, kami lakukan sesuai prosedur protokol kesehatan yang aman, ” tekan dia.

Terkait pendonor, PMI juga akan memeriksa dan menanyakan riwayat perjalanannya terlebih dahulu. Karena mereka yang terinjeksi Covid-19, ada yang tanpa gejala. “Jika punya riwayat perjalanan dalam waktu tertentu dari zona merah, terpaksa kami tolak,” pungkasnya.(ars/*)