Alhamdulillah….!!! 3.962 Pedagang di Lingkungan Sekolah dan Madrasah yang Terdampak Corona Dapatkan Bantuan Sembako

FOTO: Istimewa

RADARCIANJUR.com – Sebanyak 3.962 pedagang di lingkungan sekolah maupun madrasah di Cianjur dapatkan bantuan sembako dari Dinas Sosial Kabupaten Cianjur.

Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Cianjur, Ujang Awaludin menuturkan, bantuan tersebut diberikan dengan tujuan untuk membantu para pedagang kecil dalam meringankan beban ekonomi, terlebih pada pedagang yang terdampak virus Corona atau Covid-19.

“Ini berkat kerjasama antara Dinas Sosial dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat dan Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur serta MKKS,” katanya saat dihubungi RADARCIANJUR.com melalui telepon selurer, Rabu (15/04/2020).

Selain itu, program bantuan tersebut berdasarkan dari hasil rapat koordinasi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Cianjur, Dinas Sosial Kabupaten Cianjur, Dewan Pendidikan Kabupaten Cianjur dan Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur, yang digelar pada Selasa (14/04/2020), pukul 14.00 WIB di ruang Rapat Bale Praja, Komplek Pemerintah Daerah Kabupaten Cianjur.

Adapun mekanisme calon penerima bantuan tersebut di antaranya wajib melampirkan poto kopi KTP atau Kartu Keluarga (KK) pada ketua RT atau ketua RW.

“KK atau KTP tersebut nantinya akan diinput pada aplikasi “SAPAWARGA” sesuai petunjuk Gubernur Jawa Barat dan disampaikan ke desa maupun kelurahan tempat domisili calon penerima bantuan,” tuturnya.

Calon penerima bantuan bukan warga yang telah menerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang terdapat dalam DTKS. Sedangkan khusus untuk data pedagang di lingkungan sekolah atau madrasah (yang soft filenya sudah dikirimkan pada dewan Pendidikan Kabupaten Cianjur).

Ditambahkannya, untuk pola realisasi bantuan sosial bagi warga terdampak virus covid-19 tersebut sudah diatur pemerintah secara bertahap.

“Di mana nanti bantuan sembako tersebut akan didistribusikan oleh PT POS Indonesia dan Bulog,” pungkasnya.(riz)