Jelang Ramadan, Harga Kebutuhan Pokok di Cianjur Masih Stabil

PENGECEKAN: Kepala Pasar Muka Cianjur, Odih sedang memeriksa harga Bahan Pokok dan penting dari para pedagang di Pasar Muka Cianjur. (FOTO: HERRY/RADAR CIANJUR)

RADARCIANJUR.com – Kendati bulan Ramadan hanya beberapa hari lagi. Harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional Cianjur masih stabil.

“Harga di sejumlah pasar tradisional masih stabil. Kami melakukan operasi pasar untuk mrngontrol harga dari para pedagang serta untuk pengendalian harga terlebih menjelang Ramadan,” ujar, Kepala Pasar Muka Kabupaten Cianjur Odih saat melakukan pengecekan harga pangan di Pasar Muka Cianjur, Rabu (15/4/2020).

Ia menuturkan, menghadapi bulan suci Ramadan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), yang mana saat ini memang mengalami kenaikan namum masih terhitung normal.

“Untuk kebutuhan pangan, masih dikisaran normal, meskipun ada kenaikan tetapi tidak signifikan dan pasokan juga masih aman,” katanya.

Segala kesiapan menghadapi kenaikan harga menjelang Ramadan akan tetap dinformasikan dan selalu berkoordinasi dengan seluruh pedagang jika ada lonjakan harga yang tak wajar, juga melakukan operasi pasar dan suplai pasokan pangan.

“Penekan-penakan operasi pasar dari penyuplai pangan ini akan kita fokuskan jika harga mengalami kenaikan yang cukup tinggi,” paparnya.

Ia menjelaskan, kendati diprediksi akan kondusif hingga menjelang Idul Fitri, namun dalam hal ini pemerintah pusat harus melakukan pengendalian harga pada sejumlah bahan makanan di luar bahan pokok, seperti cabai, bawang merah dan bawang putih.

“Kalau kita tidak bisa kendalikan, pertama memang bukan bahan pokok. Kemudian seperti bawang merah dan bawang putih ini impor. Jadi memang harus ada penekanan harga dari pemerintah pusat. Sebagai contoh, salah satu bahan pangan yang stoknya dijamin aman dan harga relatif stabil saat bulan puasa adalah beras,” jelasnya.

Odih menambahkan, pihaknya akan terus memberikan informasi terbaru harga barang kebutuhan bahan pokok dan penting di pasar tradisional di Cianjur, seperti halnya Pasar Muka kepada masyarakat setiap pekannya.

“Dari hasir operasi kepada para pedagang terkait harga kebutuhan pokok untuk minggu ini di Pasar Muka Cianjur masih dikisaran normal dan tidak ada kenaikan yang menonjol,” pungkasnya.(hry)

Daftar Harga Bahan Pokok di Pasar Muka Cianjur

-Beras
Kualitas Medium II Rp10.500/kg
Kualitas Premium Rp11.000/kg
-Gula Rp18.000/Kg
-Gula Pasir Lokal Rp18.000/Kg
-Gula Merah Rp14.000/Kg
-Minyak Goreng Rp11.000/liter
-Daging Sapi Lokal Rp110.000/Kg
-Daging Murni Rp110.000/Kg
-Daging Ayam Rp34.000/Kg
-Telur Ayam Rp26.000/Kg
-Bawang merah Rp 48.000/kg
-Bawang putih Rp48.000/kg
-Cabe Merah Tanjung Rp70.000/Kg
-Cabe Merah Biasa TW Rp60.000/kg
-Cabe Merah Keriting Rp40.000/kg
-Cabe Rawit Hijau Rp35.000/kg
-Cabe Rawit Merah Rp70.000/kg