Ratu Tisha Mundur dari jabatan Sekjen PSSI

Ratu Tisha ketika memberikan keterangan pers. (Jawa Pos)

RADARCIANJUR.com – Tidak kompak. Kesan itu bisa ditangkap dari pernyataan para petinggi PSSI menyikapi mundurnya Ratu Tisha dari jabatan Sekjen PSSI. Wakil Ketua Umum PSSI Cucu Somantri sempat membuat pernyataan ke media bahwa pengganti Tisha adalah Deputi Sekjen Maaike Ira Puspita.

Ira sendiri merupakan adik ipar Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan yang diangkat jadi deputi Sekjen sejak 17 Januari lalu. Pernyataan Cucu itu sempat jadi bola panas di PSSI. Beberapa anggota exco pun angkat bicara membantah pernyataan pria yang juga direktur utama PT LIB tersebut.

Salah satunya Haruna Soemitro. Dia mengatakan, sampai saat ini, Iwan Bule –sapaan Mochamad Iriawan– belum memberikan satu nama pun untuk pengganti Tisha. Isu nama pengganti memang banyak mencuat, tapi semua tidak resmi dari pernyataan Ketum PSSI.

Menurut Haruna, penunjukan Sekjen PSSI itu hak prerogatif ketua umum. Anggota Exco PSSI tidak bisa ikut campur di dalamnya. ’’Kami hanya dimintakan persetujuan saja. Silakan Ketum mengajukan ke exco, nanti sama-sama kami nilai,’’ paparnya.

Hal senada diungkapkan anggota exco lainnya, Yunus Nusi. Dia membenarkan sampai saat ini belum ada nama yang diusulkan Iwan Bule kepada anggota exco sebagai pengganti Tisha. ’’Semua melalui proses lebih lanjut,’’ ujarnya.

Tapi anehnya, lanjut Yunus, sampai kemarin pihaknya belum menerima surat pengunduran diri dari Ratu Tisha. Begitu pula dengan Iwan Bule. ’’Kami masih menunggu arahan ketua umum PSSI untuk menggelar rapat exco. Termasuk juga menentukan pengganti Sekjen. Hingga saat ini siapa pelaksana tugas atau pejabat sementara Sekjen PSSI belum kami putuskan secara resmi,’’ paparnya.

Soal surat pengunduran diri, Tisha sempat mengirimkan WhatApps kepada Haruna Soemitro Senin lalu. Isinya, selain pamit dan izin untuk mundur dari jabatan Sekjen PSSI, perempuan 35 tahun itu menjelaskan bahwa surat pengunduran dirinya memang belum sampai ke anggota Exco PSSI. Dalam penjelasan Tisha, surat resmi pengunduran dirinya untuk Exco PSSI dititipkan ke Wakil Ketua Umum PSSI Iwan Budianto. Hal tersebut sesuai arahan Iwan Bule.

Melalui rilis media PT LIB, Cucu Somantri kemarin juga meluruskan pernyataannya terkait deputi Sekjen yang bakal menggantikan Tisha di posisi Sekjen. Hal itu dilakukan setelah PSSI mengeluarkan rilis resmi soal bantahan pernyataan Cucu.(Jawapos/rid/raf)