Susah Jaringan Internet, MIS Jembarmanah Tak Terapkan Pembelajaran Secara Online

KOMPAK: Siswa Madrasah Ibtidaiyah Swasta Jembarmanah saat mengikuti kegiatan pramuka, sebelum merebaknya wabah corona atau covid-19.

RADARCIANJUR.com– Kepala Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Jembarmanah, Gunawan mengungkapkan, bahwa pihaknya tidak menerapkan pembelajaran melalui aplikasi E-Learning secara online dari Kementrian Agama pada siswanya. Pasalnya jaringan internet di Cianjur Selatan susah.

“Kami tidak menggunakan sistem pembelajaran dengan media online karena jaringan internet di sini tidak dapat terjangkau dengan baik,” ungkapnya pada radarcianjur.com melalui telepon seluler, Kamis (16/04/2020).

Menurutnya, berdasarkan dari petunjuk teknis Kementrian Agama Kabupaten Cianjur dalam proses pembelajaran di rumah diberikan kebijakan, khusus kepada sekolah yang jarak jauh dan susah jaringan internet, sehingga tidak bisa menggunakan sistem E-Learning.

“Alhamdulillah, tidak ada masalah jika tidak menggunakan sistem pembalajaran E-Learning ini, asalkan ada laporan dari sekolah ke Kementrian Agama Kabupaten Cianjur,” jelasnya.

Selain itu, kendala lainnya adalah pengetahuan orang tua siswa yang dinilai masih minim dan kurang paham teknologi. Sehingga pihak sekolah mengalami kesulitan.

“Di sini kebanyakan orang tuanya masih kurang paham akan teknologi. Jadi kalau misalkan memakai sistem E-Learning yang menggunakan online ini akan bengong, karena tidak paham cara mengaplikasikannya,” paparnya.

Gunawan menambahkan, untuk pelaksanaan sistem pembelajaran E-Learning ini pihaknya menggunakan sistem via telepon seluler oleh wali kelas dan guru mata pelajaran yang bersangkutan.

“Alternatif lainnya kami menyuruh guru maupun wali kelas untuk berkunjung ke rumah siswa, untuk memberikan bahan materi tugas mata pelajaran yang dilakukan setiap seminggu sekali,” pungkasnya.(riz)