Kasus Pertama COVID-19, Cianjur Berubah Jadi Zona Kuning

corona virus. (ilustrasi.msn.com)
corona virus. (ilustrasi.msn.com)

RADARCIANJUR.com – Prestasi zona hijau Kabupaten Cianjur akhirnya perlahan luntur. Pasca dinyatakan satu PDP warga asal Kecamatan Cijati positif COVID-19, kini Cianjur
berubah menjadi zona kuning.

Satgas Rescue Covid 19 Kabupaten Cianjur, Yusman Faisal mengatakan, hasil Labkesda Jawa Barat pemeriksaan tes covid-19 dengan metode PCR yang menyatakan Nyonya MM
positif covid-19.

“Nyonya MM adalah kasus pertama warga Cianjur yang dinyatakan positif covid-19 dan dengan kejadian itu Cianjur bisa berubah menjadi zona kuning,” ujarnya, Sabtu (18/4/2020).

BACA JUGA: Warga Positif COVID-19 di Cianjur Awalnya Dirawat Karena Melahirkan

Yusman menambahkan, pada (30/3/2020) nyonya MM, berobat ke Puslesmas Cijati, pada (31/3/2020), dari Puskesmas, Nyonya MM dirujuk ke RSUD Sayang Cianjur.

“Di RSUD Sayang Cianjur, Ny.MM melahirkan dua anak kembar berjenis kelamin laki-laki,” kata Yusman.

Yusman mengatakan, pada (4/4/2020), pihak RSUD Sayang Cianjur menyatakan bahwa Nyonya MM sembuh setelah melahirkan dan diperbolehkan untuk pulang ke rumahnya. Pada Minggu (5/4/2020), Ny.MM di rumahnya mengalami sesak nafas.

“Pada saat itu Nyonya MM tidak mau berobat,” kata Satgas Rescue Covid 19 Kabupaten Cianjur, Yusman Faisal, Sabtu (18/4/2020) sore.

Yusman mengatakan, pada Senin (6/4/2020) Nyonya MM dibawa berobat ke Puskesmas setempat. Setelah menjalani pemeriksaan medis, Nyonya MM dinyatakan positif hingga
dirujuk ke RSUD Cimacan, karena pada saat itu ruang isolasi di RSUD Sayang Cianjur penuh.

“Tim medis RSUD Cimacan langsung menangani dan melakukan isolasi serta
mengambil sample dahak Nyonya MM untuk diperiksa di Lab Kesda Jabar,” ujar Yusman.

Ia menambahkan, pada Selasa (7/4/2020) pukul 07.00 WIB, Nyonya MM meninggal dunia di RSUD Cimacan.

“Setelah melalui tata cara pemulasaraan secara infeksius, jenazah
Nyonya MM diantar oleh ambulance RSUD Cimacan ke tempat pemakaman di Kecamatan Cijati dan dimakamkan pada pukul 16.00 WIB,” ungkap Yusman.(dil)