Kwarcab Gerakan Pramuka Cianjur Gelar Jambore Secara Online

ANTUSIAS: Sejumlah anggota Pramuka di Cianjur saat mengikuti kegiatan Jambore On The Internet.(FOTO: RISMA RUSTIKA SARI/RADAR CIANJUR)

RADARCIANJUR.com – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Cianjur menggelar kegiatan Jambore On The Internet (JOTI).

Panitia Pelaksana Kegiatan, Asep Purnama mengatakan, JOTI merupakan kegiatan yang menggunakan aplikasi telegram untuk informasi dan chating.

“Jadi untuk mendengarkan materi maupun upacara tatap muka dilakukan secara online,” katanya pada radarcianjur.com saat dihubungi melalui telepon selulernya, Minggu (19/4/2020).

Dalam kegiatan JOTI ini diikuti sebanyak 200 orang peserta dari berbagai sekolah yang ada di Kabupaten Cianjur.

Namun, dalam kegiatan jambore tersebut ada juga pesertanya bukan dari kalangan pelajar. Tetapi dari kalangan umum. Asalkan pesertanya adalah anggota Pramuka.

“Untuk peserta bebas siapapun bisa ikut asalkan dia anggota Pramuka baik penggalang, penegak, pandega, garuda sekalipun asalkan di wilayah Cianjur ,” paparnya.

Beragam kegiatan yang dilakukan pada pelaksanaan JOTI, di antaranya pemberian materi Pramuka, bincang kawan, Sharing Social, serta kegiatan lainnya.

“Meski di tengah pandemi virus covid-19 yang saat ini tengah merebak. Namun, untuk kegiatan Pramuka tetap berjalan walaupun dengan menggunakan aplikasi,” jelasnya.

Kendati demikian, menurutnya melakukan kegiatan menggunakan media online seperti ini dinilai kurang efektif.

“Jadi giat secara online ada segi positif dan negatifnya. Karena tidak bisa merasakan perkemahan. Namun segi positifnya dengan begitu, agar tercegahnya dan memutus mata rantai virus Covid-19 yang saat ini tengah merebak,” pungkasnya.(riz)