Bantu Pengadaan Darah, Warga Pasekon Pacet Gelar Donor

Donor Darah Pasekon Pacet
MARI BERDONOR: Warga antusias mengikuti donor darah yang dilaksanakan masyarakat RW 13 dan RW 14. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Ketersediaan darah di Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cianjur saat pandemi Corona masih dibutuhkan.

Dengan begitu, warga RW 13 dan RW 14 Kampung Pasekon, Desa Cipendawa Kecamatan Pacet, Cianjur berinisiatif menggelar donor darah secara swadaya, Selasa (21/4/2020).

Ketua RW 13 Kampung Pasekon, Encep Sofyan mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya bersama membantu ketersediaan darah di Cianjur.

“Kami lakukan ini secara swadaya dan inisiatif warga. Dengan melibatkan tim relawan Covid-19 serta masyarakat lain yang ada di lingkungan RW 13 dan 14,” kata Sofyan.

Ia menyebut, sebelum pelaksanaan, pihaknya menyosialisasikan dulu rencana donor darah ini melalui grup-grup WhatsApp dan media sosial. Bahkan tetap menganjurkan, dengan mengikuti Protap Corona saat ini.

“Alhamdulillah yang ikut serta hari ini sekitar 50 warga dari berbagai wilayah. Bahkan ada dari luar Cipendawa yang antusias,” ujarnya.

Ia mengatakan, penggalangan darah ini pun akan terus dilaksanakan secara rutin di setiap tiga bulan sekali.

“Walaupun ini baru pertama kali dilaksanakan, tapi Insya Allah rencananya kami gelar rutin per triwulan sekali,” tukasnya. (dan)