Cek di Sini Amalan Sunnah Menyambut Bulan Ramadan

Ilustrasi

RADARCIANJUR.com – Tidak terasa bulan Ramadan 1441 H tinggal menghitung hari. Umat Islam di seluruh dunia turut bersuka cita menyambutnya.

Beberapa orang mungkin kembali menghapal lafal niat puasa Ramadan untuk memantapkan diri sebelum hari puasa wajib datang.

Selain menghapal lagi doa niat puasa Ramadan, kamu bisa mempersiapkan diri menyambut datangnya bulan suci ini dengan melakukan amalan – amalan sunnah.

Meski bukan berhukum wajib, amalan yang bisa dilakukan sebelum bulan Ramadan ini bisa membuatmu lebih dekat pada Allah SWT.

Berikut amalan – amalan sunah yang bisa dikerjakan sebelum bulan Ramadan, dilansir dari berbagai sumber.

Memperbanyak istighfar dan taubat

Setiap manusia tentu pernah melakukan kesalahan dalam hidupnya. Terkadang iman kita naik dan turun. Banyaknya godaan membuat manusia kerap kali berbuat dosa.

Untuk menyambut bulan suci Ramadan, ada baiknya kita melakukan amalan untuk memperbanyak istighfar dan taubat.

Seorang muslim diperintahkan untuk menyambut bulan Ramadan dengan taubat nashuha, mempersiapkan diri untuk berpuasa, serta menghidupkan bulan Ramadan dengan tekad yang murni dan tulus.

Dengan bertobat pada Allah SWT kamu bisa menjalankan dan memaksimalkan pahala di bulan Ramadan dan menyambut bulan Ramadan dengan hati yang bersih, suci dan bergembira.

Menyambung Silaturahmi dengan Keluarga dan Saling Memaafkan

Amalan yang bisa dilakukan sebelum bulan Ramadan adalah menyambung silaturahmi dan saling memaafkan.

Memperbaiki kembali hubungan dengan keluarga menyambut ramadan akan semakin menambah keharmonisan dalam keluarga ketika menjalankan ibadah puasa.

Menjelang bulan Ramadan, hendaknya umat Muslim berusaha untuk saling memaafkan. Cara ini bisa membuatmu suci lahir dan batin. Dengan begitu, bulan Ramadan akan terasa lebih berkah.

Mempelajari Ilmu Tentang Ramadan

Untuk menyambut bulan Ramadan, ada baiknya kita mempelajari kembali ilmu agama dan ilmu tentang keutamaan ramadan.

Ilmu ini sangat penting untuk bekal kita menjalankan ibadah nantinya.

Pada saat-saat ini kamu perlu membuka kembali catatan tentang fikih ibadah pada bulan ramadan. Misal dengan mempelajari terkait puasa, shalat tarawih, keutamaan membaca Quran, zakat, sedekah, dan ibadah-ibadah lainnya.

Memperbanyak Membaca Al Quran

Bulan Ramadan adalah bulan diturunkannya Al Quran. Maka dari itu, umat islam harus memperbanyak membaca Al Quran pada bulan ini.

Pahala membaca Al Quran di bulan Ramadan akan dilipat gandakan oleh Allah dibandingkan bulan lainnya. Pahala tersebut dihitung Allah dari jumlah hurufnya, bukan jumlah surat yang dibaca. Jika di bulan selain Ramadan, kita mendapat pahala per hurufnya ialah 10 kebaikan, di bulan Ramadan kita bisa mendapatkan pahala berlipat hingga 700 kali sesuai dengan niat dan usaha.

Doa Menyambut Ramadan

Berikut doa untuk menyambut bulan ramadan:

Allahumma Sallimni Ila Ramadan wa Sallim li Ramadan wa Tasallamhu Minni Mutaqabbalan

Artinya:

“ Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadan, dan antarkanlah Ramadan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadan.” (Lathaif Al-Ma’arif, hlm. 264).

(dep/dream)