Dewan Pendidikan Cianjur : Dana BOS Disalahgunakan, Segera Laporkan !!

GEDUNG: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cianjur.

RADARCIANJUR.com- Dewan Pendidikan Kabupaten Cianjur terus melakukan pemantauan terkait penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang dialih fungsikan untuk program daring atau sistem pembelajaran di rumah.

Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Cianjur, Ujang Awaludin mengatakan, semenjak diterapkannya sistem pembelajaran di rumah hingga sekarang, secara otomatis banyak sekali dana anggaran berubah dan dialih fungsikan. Salah satunya yakni dana BOS.

Dengan hal itu, pihaknya mengungkapkan akan terus melakukan pengawasan kepada setiap sekolah yang ada di Cianjur dalam penggunaan ataupun penyaluran dana BOS tersebut.

“Karena bisa jadi dengan adanya kodisi seperti saat ini, ada sekolah yang menyalahgunakan penggunaan dana BOS tersebut, misalkan dana BOS seharusnya digunakan untuk keperluan sekolah termasuk program daring. Tetapi ini malah digunakan untuk kepentingan sendiri atau tidak sesuai dengan juknis dari penggunaan dana BOS tersebut,” katanya kepada radarcianjur.com, Selasa (21/04/2020).

BACA JUGA : Anggota DPRD Cianjur Tolak Kebijakan Pemerintah, Terkait Dana Pendidikan

Sekolah yang melakukan penyalahgunaan dana anggaran BOS di Cianjur,sejauh ini belum menemukan kasus tersebut. Pasalnya, tidak ada laporan atau temuan kasus oleh Dewan Pendidikan Kabupaten Cianjur.

Namun, jika ada masyarakat yang menemukan kasus penyalahgunaan dana BOS oleh pihak sekolah, segera hubungi Dewan Pendidikan Kabupaten Cianjur atau Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur.

“Jika ada, segera laporkan kepada kami. Nanti akan ditelusuri secara bersama,” pungkasnya.(riz)