Pandemi Covid-19, Pencairan Dana BOS di Cianjur Terhambat

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur, Mochammad Asep.

RADARCIANJUR.com – Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur menyatakan bahwa dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Cianjur hingga saat ini belum cair.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur, Mochammad Asep mengatakan, mandegnya pencairan dana BOS dimungkinkan karena beberapa faktor. Salah satunya karena merebaknya virus Corona atau Covid-19. Sehingga berpengaruh pada pencairan dana BOS.

“Belum cairnya dana BOS tersebut atas kebijakan dari pemerintah pusat, dalam hal ini Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, dan memang bukan hanya sekarang ini saja, telatnya pencairan dana BOS sebelumnya sering terjadi,” katanya kepada radarcianjur.com, Rabu (22/4/2020).

Untuk dana BOS yang belum cair ini merupakan semester pertama atau tahap pertama Tahun 2029, dan pencairannya sendiri berdasarkan dari petunjuk dan teknis dana BOS harusnya sudah cair pada awal April 2020.

Akan tetapi, dimungkinkan adanya beberapa faktor kendala, seperti halnya kendala karena pandemi covid-19 ini, sehingga dana BOS mengalami kemandegan dalam pencairannya.

Dalam pencairan dana BOS dibagi menjadi tiga tahapan atau tiga semester, misalkan tahap pertama cair pada awal April, tahap kedua cair pada Agustus, tahap ketiga biasanya cair pada bulan Desember.

“Seharusnya awal April juga dana BOS sudah cair. Tapi ini ada keterlambatan selama dua Minggu ini ,” katanya.(riz)