Pejuang Wanita di Perbatasan Cianjur – Bandung

JAGA PERBATASAN: Relawan perempuan penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Cianjur tetap bertugas tanpa lelah. (Foto: Asep Erwin Nugraha)

RADARCIANJUR.com – Masih dalam balutan Hari Kartini yang jatuh 21 April 2020 kemarin, para relawan perempuan khususnya di Kecamatan Cikadu ikut berjaga di Posko Screening Covid-19 di perbatasan pintu masuk Kabupaten Bandung-Kabupaten Cianjur yang dilengkapi masker dan alat semprot kepada pengguna jalan yang akan memasuki Kecamatan Cikadu.

Para relawan perempuan ini mengarahkan setiap kendaraan yang melintas agar masuk ke Posko Screening dan menjalani protool kesehatan pencegahan Covid-19 seperti mencuci tangan hingga menyemprot kendaraan dengan cairan disinfektan.

Relawan Pencegahan Penyebaran Covid-19 Kecamatan Cikadu, Heli Alawiyah mengatakan, ini adalah bukti para perempuan untuk Indonesia.

BACA JUGA : Lho Kok, Kendaraan Zona Merah PSBB Malah Bikin Macet Cipanas

“Dulu RA Kartini yang memperjuangkan emansipasi wanita, sekarang kami membuktikan kalau perempuan juga bisa. Berjuang terus perempuan-perempuan hebat,” ujarnya.

Mesti menggunakan masker dan menggendong semprotan, perempuan tangguh ini tetap memenuhi standar proses screening dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) seperti masker dan sarung tangan saat bertugas.

BACA JUGA : PDP Asal Cikalongkulon Meninggal Dunia, Hasil Tes Swab Negatif

“Yang membedakan hari ini dengan screening di hari biasa, kita ingin memperingati Hari Kartini dengan petugas semua perempuan. Mengingat perempuan juga bisa melakukan ini, walaupun dengan mengenakan masker dan menggendong semprotan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, semua petugasnya adalah perempuan yang berasal dari relawan Kesehatan KB dan Retana.

Petugas juga menanyakan tujuan maupun asal pengendara yang melintas. Jika tujuan ke Cikadu maka akan dilakukan observasi kemudian screening atau pemeriksaan kendaraan dan kesehatan.

BACA JUGA : Sungai Meluap, Jembatan Kampung Puncaksuji Cilaku Putus

“Jika ditemukan suhu tubuh di atas 37 derajat celcius maka dilakukan tindak lanjut dari Dinkes. Para pengendara juga diberikan imbauan untuk selalu cuci tangan, jaga jarak, tidak keluar rumah dan memakai masker saat keluar rumah,” jelasnya.

Menurutnya, ini merupakan wujud nyata dalam mendukung puluhan relawan wanita yang terus berjuang membantu pemerintah dalam pencegahan penyebaran Covid-19 di Kecamatan Cikadu Kabupaten Cianjur khususnya dan di seluruh Indonesia pada umumnya.

“Kami juga bantu mengimbau pengendara untuk tetap disiplin gunakan masker dalam perjalanan dan mencuci tangan terlebih saat menyentuh makanan. Perempuan Indonesia mampu berjuang bersama,” katanya. (kim)