Khas Setiap Ramadan Tiba, Pedagang Musiman di Pacet dan Cipanas Bermunculan

Pedagang Musiman Pacet Cipanas
MULAI MUNCUL: Salah satu pedagang di Jalan Raya Pacet-Cipanas menjual takjil saat di musim Ramadan tiba. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Jelang sore hari selama bulan Ramadan, terlihat banyak pedagang di pinggir jalan yang menjual berbagai makanan ataupun minuman untuk berbuka (takjil).

Mereka adalah pedagang musiman, yang memanfaatkan momen Ramadan untuk menambah pundi-pundi uang di bulan suci ini.

Seperti yang terlihat di Jalan Pacet, Cipanas, selain pedagang takjil, ternyata menjamur juga dagangan lain yang menjajakan barangnya di saat bulan puasa ini. Seperti tukang buah-buahan, sayur sayuran, dan beragam jenis khas Ramadan.

Wanto (41) salah seorang pedagang es cendol mengaku, baru pertama kali jualan es cendol dengan menggunakan meja dan alas seadanya untuk berjualan.

“Biasanya sih saya jualan roti anget di wilayah Simpang Gadog Pacet. Tapi jelang sore saat Ramadan ini, saya coba inovasi baru. Menjual es cendol dengan toping alpukat dan buah hirbis,” tuturnya kepada radarcianjur.com, Jumat (24/4/2020).

Menurut pria asal Jawa Timur itu, bahwa di bulan Ramadhan saat ini, selain momentum lebih memperbanyak amal ibadah, juga dimanfaatkan untuk berikhtiar dan berusaha semampu dan semenarik mungkin.

“Kebanyakan kan kalau orang-orang yang puasa itu, tak lepas dari hidangan takjil. Nah, saya mencoba membuat panganan berbuka dengan kreatif saya sendiri, yaitu jualan es cendol alpukat,” paparnya.

Ia hanya berharap, Ramadan kali ini bisa membuat dirinya beserta keluarga, lebih baik dan bermanfaat terus untuk orang lain.

“Namanya jualan kang, apalagi baru pertama puasa, pasti masih penjajakan. Tapi saya berdoa, mudah-mudahan selalu diberikan keberkahan untuk diri sendiri dan keluarga, serta dilancarkan segala urusannya,” tutur Wanto. (dan)