Tak Miliki Handphone, Kendala Siswa Belajar Online

SEMANGAT: Salah satu siswa MTs Assalafiyyah Assirojiyyah, tengah melaksanakan pembelajaran secara online.(FOTO: RISMA RUSTIKA SARI/RADAR CIANJUR)

RADARCIANJUR.com- Belajar via daring (online) tidaklah semudah belajar kegiatan belajar mengajar seperti biasanya di sekolah. Terlebih dalam penerapan belajar online mengalami beberapa kendala. Hal itu diungkapkan Kesiswaan MTs Assalafiyyah Assirojiyyah, Nyimas Dewi.

“Salah satu kendala dalam pembelajaran secara online, seperti siswa tidak memiliki handphone. Sehingga harus pinjam ke orang tua maupun saudara lainnya dan itu tentunya akan menghambat proses pembelajaran daring ke siswa lainnya,” katanya pada radarcianjur.com, Jumat (24/4/2020).

Sedangkan kendala jaringan internet dari awal pembelajaran daring (online) di MTs Assalafiyyah Assirojiyyah, hingga sekarang tidak mengalami kendala apapun. Pasalnya, semua jaringan di daerah Cikalong Kulon cukup terjangkau dan bagus.

“Hanya saja dalam pembelajaran daring ini, banyak siswa yang mengeluh gara- gara tidak memiliki kuota dan beberapa siswa yang tidak memiliki handphone. Namun, dalam hal ini untuk kegiatan belajar mengajar lewat daring ini berjalan maka penyampaian tugasnya melalui group yang ada di wali kelas dan memberikan kebijakan kepada siswa yang tidak memiliki handphone untuk meminjam handphone milik keluarganya,” katanya.(riz)