Dengarkan Curhatan Warga Cirumput Pak Plt : ‘Awak Cape Jalan Butut Mah’

RADARCIANJUR.com-Puluhan tahun warga di tiga desa di Kecamatan Cugenang Cianjur, berharap segera ada perbaikan jalan yang dikelola pemerintah kabupaten itu.

Terabaikannya akses jalan tersebut, membuat sejumlah warga geram. Bahkan dua pohon pisang ditanam di tengah jalur yang menghubungkan Desa Cirumput, Talaga, dan Desa Sukajaya.

“Rakyat Cirumput menuntut jalan kabupaten itu agar segera diperbaiki. Karena sudah dari zaman dulu (Belanda) belum diperhatikan,” kata Ujang (51) salah seorang tokoh masyarakat Desa Cirumput, kepada radarcianjur.com.

Ia mengaku, cukup kesulitan untuk menjual hasil bumi warganya. Karena minimnya jasa transportasi yang masuk ke wilayah tersebut, hingga diperparah akibat buruknya infrastruktur akses jalan.

“Padahal jalur ini kan salah satu daerah penyuplai air untuk Cianjur yang selama ini dipakai PDAM Tirtamukti,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, sempat sekitar satu kilometer diperbaiki dan dibeton. Namun sisa jalan lainnya sepanjang sekilo lebihnya itu belum ada lagi perhatian pemerintah kabupaten.

“Kurang lebih tinggal 1000 meter lagi yang masih sangat jelek. Karena sebagian lagi, sudah diperbaiki sewaktu masih Bupati Irvan Rivano Muchtar (IRM) menjabat,” katanya.

Sementara itu dalam pamplet tulisan yang terpasang pada pohon pisang di tengah jalan ada ungkapan permintaan pada Plt Bupati Cianjur, akibat jalan rusak selain menghambat aktivitas juga berdampak pada sakit badan.

“Pak Plt Bupati Cianjur ieu jalan iraha rek diomeana, tos lila teing rusak jalan kabupaten teh, rakyat tos ripuhhh, awak cape jalan butut mah (Pak Plt Bupati Cianjur ini jalan mau kapan diperbaiki, sudah terlalu lama rusak jalan kabupaten ini, rakyat sudah capek, badan capek kalau jalan rusak),” tulis sebuah tuntutan di bekas kertas kardus yang dipasang di pohon pisang oleh warga.

(dan)