Mau Buka Puasa, Lima Kampung dan Lima Desa di Cibeber Kebanjiran

DIKEPUNG: Lima kampung di Desa Cisalak Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur tergenang banjir setelah hujan menerjang selama kurang lebih dua jam. (FOTO: Faizal)

RADARCIANJUR.com – Hujan deras yang melanda Kabupaten Cianjur sore tadi ternyata mengakibatkan banjir. Banjir tersebut terjadi di lima kampung di Desa Cisalak Kecamatan Cibeber yakni Kampung Cisalak Girang, Kampung Cisalak Hilir, Kampung Pasir Nangka, Kampung Pasir Luhur dan Kampung Bagogog.

Banjir tersebut terjadi menjelang buka puasa sekitar pukul 17.45 WIB yang menggenang puluhan hektar sawah warga dan beberapa rumah. Warga pun langsung mengungsi untuk mengamankan diri.

“Kejadiannya cepat, pas hujan sore tadi gak berselang lama air mulai meluap dan menggenang beberapa sawah warga dan juga rumah,” ujar Faizal (24) warga Kampung Cisalak Hilir Desa Cisalak Kecamatan Cibeber.

BACA JUGA : Siap-siap Bakal PSBB Tiga Kecamatan di Kabupaten Cianjur

Lanjutnya, hujan di Kecamatan Cibeber berlangsung semenjak pukul 14.00 WIB dan hingga sore hari masih terus diguyur. Bahkan, air yang meluap semakin membesar hingga saat ini.

Sementara itu, Camat Cibeber, Ali Akbar membenarkan kejadian tersebut, selain lima kampung di Desa Cisalak terdapat desa lainnya yang terdampak yakni Desa Cipetir, Desa Songgom, Desa Cikondang dan Desa Cibokor.

“Kita sedang melakukan survei ke lokasi dan kejadian tidak hanya di Desa Cisalak, di desa lainnya pun seperti Cipetir, Songgom, Cikondan dan Cibokor turut terdampak selain sawah dan rumah warga juga ada yang terendam,” ungkapnya.

Saat ini, pihaknya pun sudah melakukan koordinasi dengan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur. Selain itu, pihak PLN pun sudah tiba di lokasi kejadian untuk melakukan pemadaman listrik agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

BACA JUGA : Kasus Positif Covid-19 di Kabupaten Cianjur Bertambah Dua Orang

“Kita sudah melaporkan ke BPBD dan saat ini PLN sudah memadamkan listrik agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diingingkan,” jelasnya.

Di sisi lain, Sekretaris BPBD Kabupaten Cianjur, M Irfan Sofyan langsung melakukan koordinasi dengan tim BPBD Kabupaten Cianjur untuk melakukan peninjauan ke lokasi serta melakukan assesmen.

“Saya baru selesai dari Posko Covid-19, ini langsung saya cek ke tim BPBD dan melakukan peninjauan ke lokasi,” terangnya. (kim)