Antusias Tadarus Alqur’an di Bulan Ramadan Masih Tinggi

SEMANGAT: Umat muslim di Cianjur tetap semangat lakukan tadarus Qur'an di tengah pembatasan aktivitas saat pandemi Corona. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Antusias umat muslim saat bulan suci Ramadan dalam berlomba-lomba mencari pahala sangatlah tinggi.

Beragam aktivitas positif pun di tengah kondisi Pandemi Corona masih dilakoni. Salah satunya adalah membaca Alquran atau tadarus.

Asep (42) salah seorang warga Cianjur mengaku, bahwa di setiap setelah shalat fardhu, dirinya menyempatkan untuk membaca Al-Qur’an beberapa ayat. Bahkan jika waktunya sangat luang, Asep bisa membaca Al-Qur’an hingga satu Juzz.

“Alhamdulillah kang, saya coba sempatkan waktu untuk tadarus. Apalagi di bulan suci Ramadan seperti ini. Karena pahala disetiap melakukan kebaikan, itu dilipat gandakan,” tutur Asep kepada radarcianjur.com usai mengaji.

Menurut Asep, dalam melaksanakan tadarus ini tidaklah mudah. Artinya sering sekali diterpa godaan saat akan membacanya.

“Jangankan satu Juzz, kadangkala untuk membaca beberapa ayat saja malesnya minta ampun,” imbuhnya.

Bagi dirinya, membaca Al-Qur’an itu memang sudah tak tabu lagi. Karena, kata Asep, pada saat kecil dulu, ia selalu dituntut untuk membiasakan belajar kitab umat muslim itu.

“Dulu saya pernah pesantren beberapa tahun. Jelas secara otomatis saya pun dituntut untuk bisa lancar membaca Al-Qur’an. Bahkan setiap Ramadan tiba, diharuskan khatam Al-Qur’an,” katanya.

Dirinya juga berharap, dengan datangnya bulan penuh berkah di tengah Pandemi Corona saat ini, setiap muslim tetap bisa sama-sama melantunkan ayat suci Alquran. Walaupun pelaksanaannya dianjurkan di rumah saja.

“Mudah-mudahan saja kang, saya dan sahabat muslim lain bisa sama-sama Istikomah dalam menjalankan kebaikan. Walaupun kini, kondisinya sedikit berbeda dengan Ramadan-ramadan sebelumnya,” tuturnya. (dan)