Banjir Cibeber Surut, Tolong… Jangan Buang Sampah Sembarangan

BERBENAH: Korban banjir di Kecamatan Cibeber lebih memilih membersihkan rumahnya dibandingkan harus mengungsi, karena kondisinya masih dirasa aman. (FOTO: Kecamatan Cibeber)

RADARCIANJUR.com – Banjir yang menerjang Kecamatan Cibeber kemarin petang menyiasakan material pasir dan lumpur, beberapa warga pun lebih memilih membersihkan kediamannya yang terendam dibandingkan harus mengungsi. Kondisi pasca banjir tidak mengakibatkan kerugian materi.

Camat Cibeber, Ali Akbar mengatakan, banjir yang terjadi di wilayah kepemimpinananya tidak sampai mengakibatkan kerugian materil. Hanya saja beberapa rumah warga kotor dan sudah mulai dibersihkan.

“Alhamdulillah tidak sampai mengakibatkan kerugian materil, hanya kotor saja dan warga tidak ada yang mengungsi,” ujarnya.

BACA JUGA : Mau Buka Puasa, Lima Kampung dan Lima Desa di Cibeber Kebanjiran

Agar tidak kembali terjadinya banjir, pihaknya pun mengimbau kepada masyarakat agar lebih menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan terlebih ke sungai. Selain itu, masyarakat pun diupayakan untuk melakukan penanaman bibit pohon agar adanya resapan air di lingkungan kampung.

“Masyarakat kita imbau agar tidak membuang sampah sembarangan, selain itu diupayakan agar menanam tanaman yang bisa meresap air. Sehingga ini menjadi bentuk antisipasi terjadinya banjir,” terangnya.

Sementara itu, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, M Irfan Sofyan mengungkapkan, dengan terjadinya banjir di Kabupaten Cianjur harus menjadi pembelajaran bersama baik pemerintah maupun masyarakat.

Pasalnya, semua turut bersama-sama melakukan antisipasi dan penanganan. Sehingga tidak hanya satu pihak saja yang melakukan penanggulangan.

BACA JUGA : Ternyata Ada Kampung Kolang Kaling di Cianjur

“Kita sama-sama saling bahu membahu mencegah bencana, jadi tidak mengandalkan satu pihak saja,” jelasnya.

Ia menambahkan, masyarakat pun harus mulai tidak membiasakan membuang sampah sembarangan terlebih ke sungai. Sehingga itu bisa menjadi salah satu faktor terjadinya bencana banjir.

“Nah selain itu juga, masyarakat harus mulai sadar akan menjaga lingkungan seperti tidak membuang sampah ke sungai karena salah satunya bisa mengakibatkan banjir juga,” tutupnya. (kim)