Jalan Rusak, Warga Cikadu Pilih Belanja ke Kabupaten Bandung

TOLONG SEGERA DIBANGUN: Jalan di Kecamatan Cikadu penghubung Cianjur dengan Bandung belum tersentuh pembangunan. FOTO:FADILAH MUNAJAT/RADAR CIANJUR

RADARCIANJUR.com – Infrastruktur jalan yang hancur menuju pusat kota Cianjur, membuat warga Desa Sukamulya, Kecamatan Cikadu memilih berbelanja ke Pasar Ciwidey Kabupaten Bandung

Seorang pedagang warung di Desa Sukamulya, Ratih (20), mengatakan jalan menuju Ciwidey lebih bagus ketimbang ke Cianjur kota.

“Saya belum pernah belanja ke Cianujur karena jalannya jelek,” kata Ratih kepada RADARCIANJUR.com (29/4/2020).

BACA JUGA : Gak Beda Jauh dari Kuburan, Terminal Pasir Hayam Riwayatmu Kini

Ratih mengatakan, kondisi jalan yang terjal menuju Cianjur beberapa di antaranya tak bisa dilewati karena bekas bencana. Sehingga warga harus mencari alternatif jalan lain jika hendak ke Cianjur.

“Kalau menuju Cianjur dari sini sekitar tiga jam menempuh jalan terjal dan rusak,” kata Ratih.

Ratih mengatakan, menuju Pasar Ciwidey bukan berarti jalan tidak rusak, hanya saja jalan hancurnya hanya sekitar satu jam saja, selebihnya sudah dihotmiks.

BACA JUGA : Mau Buka Puasa, Lima Kampung dan Lima Desa di Cibeber Kebanjiran

“Ke Ciwidey juga harus menempuh sekitar satu jam perjalanan, jalannya juga hancur dan sebagian tanah, namun waktu tempuh lebih sebentar daripada ke pasar di wilayah Cianjur,” katanya.

Ia mengatakan, jika hujan sudah turun maka jalan menuju Ciwidey pun akan licin. Pasalnya jalan perbatasan ini masih berupa batu dan nyaris tak beraspal. Di hutan perbatasan Cianjur-Kabupaten Bandung air yang berasal dari air terjun selalu meluap dan membasahi jalan.

“Kalau sudah turun hujan kendaraan roda dua biasa pasti tak bisa naik, hanya trail saja dan mobil yang agak tinggi yang bisa lewat,” katanya. (dil)