Lahan Parkir Pasar Cipanas Disulap Bazar Kuliner Ramadan

ANTUSIAS: Warga yang tengah membeli menu takjil untuk berbuka puasa. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Berburu menu berbuka puasa di bulan suci Ramadan sering dilakukan umat muslim di hampir seluruh wilayah, jelang waktu Maghrib.

Salah satu tempat yang bisa menjadi referensinya adalah bazar kuliner Ramadan yang digelar di kawasan K5 dan Unit Pelayanan Terpadu (UPTD) Pasar Cipanas.

Kawasan yang awalnya lahan parkir itu dirubah menjadi pasar kuliner dadakan yang menjajakan berbagai makanan dan menu takjil.

Salah soerang pengurus K5 Pasar Cipanas, Asep Safroni menuturkan, pelaksanaan bazar kuliner tahun ini sedikit berbeda. Sebab, dilaksanakan dengan mengikuti peraturan dan protap kesehatan. Baik itu jaga jarak, menggunakan masker, serta penunjang kesehatan lainnya.

“Memang dirasa sangat membantu bagi warga terutama buat para pedagang di bazar ini. Selain menumbuhkan toleransi agar tidak berjualan di siang hari, juga membantu untuk tetap memiliki pendapatan pedagang makanan yang sehari-hari berjualan di dalam pasar,” tuturnya kepada radarcianjur.com (29/4/2020).

Ia menyebut, ada sekitar 20 penjual yang ikut dalam bazar kuliner tahun ini. Namun, jika dibandingkan dengan ramadhan sebelumnya, jelas mengalami penurunan jumlah pedagang. Sebab, berbarengan dengan pandemi Covid-19.

“Iya mungkin karena kondisi wabah Corona ini, jadi beberapa pedagang memilih tak berjualan karena beberapa faktor,” katanya.

Sementara itu, seorang pengunjung, Deden (30) warga Pacet mengaku cukup terbantu dengan adanya bazar kuliner di pasar ini. Walaupun memang kini, keadaannya tak seramai dan berdesak-desakan seperti Ramadan sebelumnya.

“Alhamdulillah disini kan cukup komplit, mau apa saja ada. Kalau bosen menu ini bisa ganti itu, makanan minuman termasuk kolak juga banyak,” kata dia.

Setiap tahunnya, tempat ini sudah biasa dijadikan bazaar kuliner berbuka puasa. Jadi warga sudah tak sulit lagi jika mencari menu untuk berbuka puasa. (dan)