Herman Pantau Titik-titik Vital

DIALOG: Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman melakukan tanya jawab dan sosialisasi dengan para pedagang pasar di hari pertama pemberlakuan PSBB provinsi, Rabu (6/5). FOTO: Humas Pemkab Cianjur For Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman meninjau sejumlah titik di hari pertama pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Provinsi, Rabu (6/5) lalu. Sedikitnya, ada tiga titik vital yang menjadi sasaran Herman yaitu Pasar Induk Pasir Hayam, Pasar Cipanas, dan Perbatasan Cianjur di Puncak.

Pasar Induk terpantau masih berjalan normal, pedagang rata-rata sudah mengetahui adanya PSBB dan sebagian besar sudah memakai masker. Bagi masyarakat yang kedapatan tidak memakai masker langsung ditegur, diberi masker dan diminta untuk segera memakainya. Hanya saja aturan jarak fisik di los-los tertentu memang masih sulit diterapkan secara ketat.

Kondisi di Pasar Cipanas jauh lebih baik dibanding Pasar Induk. Sebagian besar pedagang dan pengunjung sudah menggunakan masker, kios-kios juga memasang plastik pembatas sehingga relatif lebih baik.

“Alhamdulillah pelaksanaan PSBB hari pertama ini relatif aman dan lancar, dan saya lihat ke Pasar Cipanas, semuanya sudah pakai masker, pakai plastik pembatas, dan jaga jarak. Ini di perbatasan juga bisa dilihat, kami jaga dan lalu lintasnya juga sudah berkurang dari biasanya, ” ujar Herman saat meninjau perbatasan Puncak.

Hal itu juga diakui Wakil Ketua DPRD Provinsi, Ade Barkah Surachman yang juga ikut memantau PSBB di Cipanas dan Puncak. ” Saya lihat PSBB di Pasar Cipanas ini relatif sudah bagus lah, semua pedagang sudah pakai masker. Semoga kebijakan PSBB ini berjalan baik dan memberi hasil yang positif,” ujar Ade Barkah.

Selain turun langsung ke lapangan, Herman juga memantau pelaksanaan PSBB dengan melakukan Video Conference dengan Camat di 18 Kecamatan yg melakukan PSBB, petugas di wilayah perbatasan, awak media dan masyarakat umum.

Dari kegiatan tersebut, Plt Bupati banyak mendapat laporan dan masukan dari masyarakat yang bisa dijadikan bahan evaluasi.

Pada hari kedua, Kamis (7/5), Herman kembali memantau penyekatan di perbatasan Haurwangi yang berbatasan dengan Kabupaten Bandung Barat dan Gekbrong yang berbatasan dengan Kabupaten Sukabumi.

Sore harinya Herman sempat mengunjungi Dapur Umum di Cugenang dan secara simbolis menyerahkan nasi kotak pada tim yang akan membagikannya ke rumah-rumah warga. (*/yaz)