Tahun 2030 Umat Muslim Bakal Rasakan 2 Kali Ramadan?

Ilustrasi
Ilustrasi

RADARCIANJUR.com-Semua pasti sudah merasakan betapa berbedanya Ramadan tahun ini dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal itu semua disebabkan karena adanya wabah virus corona.

Demi mengurangi penyebarannya seluruh masyarakat dianjurkan untuk lebih banyak di rumah saja, termasuk dalam hal beribadah.

Namun jangan khawatir, meski di tahun ini Ramadan sangat berbeda tapi di tahun 2030 kesedihan ini akan terbayarkan.

Hal itu dikarenakan 10 tahun lagi umat Islam di seluruh dunia akan merasakan Ramadan 2 kali dalam satu tahun. Apa benar?

Menurut perhitungan Ramadan akan datang kepada umat Muslim di awal dan akhir tahun.

Berdasarkan perhitungan kalender Hijriyah 1451-1452, Ramadan pertama pada tahun 2030 akan dimulai pada tanggal 5 Januari. Kemudian, Idul Fitri akan terjadi pada tanggal 4 Februari.

Dan uniknya lagi, Ramadan kedua ternyata akan datang pada tanggal 26 Desember 2030, tepat sehari setelah perayaan Natal.

Yang harus kalian ketahui nih, kondisi bukan hanya sekali saja terjadi tapi juga pernah terjadi pada tahun 2000 silam.

Ramadan pertama terjadi pada tanggal 5 Januari, dan Ramadan kedua terjadi pada tanggal 27 Desember 2000. Hal ini disebabkan lantaran perhitungan bulan Hijriyah dan Masehi berbeda.

Ada 365 hari di tahun Masehi, sementara ada 355 hari di tahun Hijriyah. Jadi, ada selisih sekitar 10 sampai 11 hari dalam setahun.

Hal ini menyebabkan bulan Ramadan selalu maju 10 hari setiap tahun masehi.

Berdasarkan perhitungan ini, maka setiap 30 tahun umat Muslim akan mengalami dua kali Ramadhan dan dua kali Idul Fitri setiap 36 atau 37 tahun.

Tapi ingat , Ramadan yang akan terjadi dua kali di tahun 2030 ini masih perhitungan manusia semata yang artinya bisa terjadi, dan bisa pula tidak. Jadi kita tunggu saja.

(ayu/radarbandung/tipstren)