SIKM Bisa Dibuat di Cianjur, Lihat Ini Persyaratannya…

Periksa KTP Ciloto
GAK JELAS BALIK AJA: Sejumlah kendaraan menjalani pemeriksaan oleh petugas gabungan di pintu masuk perbatasan Bogor-Cianjur. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com-Kabar gembira bagi masyarakat Kabupaten Cianjur yang akan membuat surat izin keluar masuk (SIKM) untuk keperluan seperti kembali bekerja di luar kota bisa melalui proses yang dilakukan di Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Cianjur.

SIKM tersebut dikeluarkan oleh Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di daerah dengan persyaratan-persyaratan kesehatan.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Cianjur, dr Yusman Faisal mengatakan, di Cianjur bisa membuat SIKM melalui gugus tugas dengan persyaratan kesehatan melalui puskesmas maupun rumah sakit.

“Ketika ada masyarakat yang akan berpergian atau meminta izin keluar masuk ke suatu daerah, pertama untuk perjalanan darat cukup melakukan rapid test yang masa berlakunya tiga hari. Untuk perjalanan lewat udara dianjurkan untuk tes PCR dengan masa berlaku tujuh hari,” ujarnya.

Yusman melanjutkan, setelah mendapatkan hasil rapid test atau PCR harus melakukan tes kesehatan di rumah sakit maupun puskesmas. Setelah itu akan dikeluarkan surat keterangan sehat.

“Setelah lengkap persyaratannya langsung mengajukan ke gugus tugas untuk surat izin tersebut,” terangnya.

Segala persyaratan yang dilakukan tidak mengeluarkan biaya sama sekali, namun itu semua untuk masyarakat yang memiliki kartu tanda penduduk (KTP) Cianjur.

Sementara untuk masyarakat yang tidak memiliki KTP Cianjur akan diarahkan ke laboratorium swasta.

“Ini dikhususkan untuk masyarakat yang kembali bekerja ke luar Cianjur, tidak untuk yang akan berimigrasi,” ungkapnya.

(kim)