Tak Kuat Ingin Piknik, Wisatawan Hanya Bisa Duduk di Depan Tempat Wisata

CUKUP RAMAI: Calon wisatawan dari luar dan lokal Cianjur mulai berdatangan ke tempat wisata.(Foto:Dadan Suherman/Radar Cianjur)
CUKUP RAMAI: Calon wisatawan dari luar dan lokal Cianjur mulai berdatangan ke tempat wisata.(Foto:Dadan Suherman/Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com-Tak kuat menahan berwisata, mungkin itulah yang dirasakan warga di hampir seluruh dunia, termasuk Indonesia, khususnya masyarakat di Kabupaten Cianjur.

Apalagi kebiasaan tersebut, sangat lazim dilakukan usai libur hari raya Idul Fitri atau lebaran.

Para pelancong lokal, maupun mancanegara biasanya melakukan wisata ke sejumlah objek yang ada.

Namun harus cukup bersabar. Tahun ini merupakan waktu dimana hal-hal seperti itu sangatlah berbeda karena adanya wabah virus Corona.

Salah satunya diungkapkan, Yani (38), calon wisatawan asal Bogor. Ia dan anggota keluarganya bertolak dari Bogor Senin subuh.

Yani mengaku, bahwa mereka berniat untuk berlibur ke salah satu objek wisata di Sukaresmi, Cianjur.

Namun, memang tak begitu tahu, bahwa ternyata tempat wisata taman bunga di Cianjur masih tutup.

“Iya pak. Tadi subuh kami berangkat. Kirain tempat wisata di Cianjur sudah mulai buka, eh pas kesini, masih tutup,” ujarnya kepada radarcianjur.com, Senin (1/6/2020).

Ia mengatakan, meskipun objek wisatanya belum beroperasi, namun karena dirinya berserta keluarga sudah tanggung datang, maka hanya duduk-duduk sambil makan bersama di bawah pohon rindang depan objek wisata tersebut.

“Karena sudah terlanjur ke sini (objek wisata, red), makanya kita hanya makan-makan sambil neduh gitu,” katanya sembari tersenyum.

Ia mengaku, setelah beres di tempat itu akan melanjutkan perjalanannya sambil mengenal kota Cianjur lainnya.

Hal sama dikatakan salah seorang pemilik warung di Kawasan Objek Daerah Tujuan Wisata (ODTW) Cibodas. Ade (42) mengaku, sudah beberapa hari pasca lebaran ini, warga dari Cianjur maupun luar kota kembali datang.

Namun, karena objek wisatanya masih tutup, mereka kebanyakan hanya sekadar nongkrong-nongkrong dan makan di warung yang ada.

“Iya kang, dari setelah lebaran aja calon wisatawan sering datang kesini. Tapi jadi malah cuma nongkrong-nongkrong aja,” katanya.

Ia menyebut, ada sekitar 50 sampai 100 orang setiap harinya yang datang ke ODTW Cibodas. Baik kendaraan roda dua maupun empat.

“Kebanyakan paling keluarga yang naik motor,” ujarnya.

Ia hanya berharap, tempat wisata yang ada di Cianjur ini bisa segera dibuka, dan industri pariwisata bisa kembali pulih.

(dan)