Puncak II Direncanakan Dibangun Tahun Depan

PUNCAK II SIAP HADIR: Pemerintah Kabupaten Cianjur berencana akan membangun Jalur Puncak II tahun depan. (Foto Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com- Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Cianjur tetap optimis bahwa rencana pelaksanaan pembangunan Jalur Puncak II yang menghubungkan Kabupaten Cianjur dengan Kabupaten Bogor harus tetap terealisasi di tahun depan.

Pemda Cianjur pun sudah berkordinasi dengan melaksanakan rapat di Pendopo hari ini dengan Dinas Pertanian Kabupaten Cianjur dan kantor Agraria Kabupaten Cianjur terkait keberadaan tanah dari PT MPM yang akan segera diperpanjang Hak Guna Usaha (HGU) nya.

Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman, mengatakan, untuk Puncak II sebelumnya sudah tender karena kebijakan pemerintah pusat untuk dana alokasi khusus (DAK) tidak bisa dilanjutkan, sehingga pelaksanaannya tidak berlanjut.

BACA JUGA : Cianjur Keukeuh New Normal

“Tapi kami dari pemerintah Kabupaten Cianjur tetap optimis bahwa Puncak II ini harus tetap dilaksanakan,” ujarnya.

Pihaknya pun ingin Jalur Puncak II yang melewati jalur HGU PT MPM ini bisa terbebaskan. Sehingga hari ini dilakukan sinkronisasi program antara BPN, PU Binamarga, PUPR dan juga dengan Dinas Pertanian.

Lanjutnya, dari hasil kordinasi tersebut, sudah disepakati mengenai jalur untuk rencana pembuatan Puncak II.

BACA JUGA : Pemerintah Putuskan Tak Ada Pemberangkatan Calon Jemaah Haji 2020

“Bagi kami kabupaten Cianjur khususnya puncak 2 ini harga mati, karena Cipanas akan berkembang manakala puncak 2 akan terselesaikan dengan baik,” terangnya.

Rencana pembangunan Jalur Puncak II ini sepanjang 7,9 kilometer dengan lebar 30 meter, yang menghubungkan antara Kabupaten Cianjur dengan Kabupaten Bogor.

“Hampir 8 kilometer, lebarnya kita minta 30 meter, kalaupun nanti pelaksanaanya bertahap,” jelasnya.

Dirinya pun mengucapkan terimakasih kepada MPM yang telah bersedia memberikan tanahnya untuk pembuatan Jalur Puncak II.

“Saya ucapkan terimakaksi kepada MPM yang telah bersedia memberikan tanahnya untuk pembuatan jalur puncak 2. Ini butuh anggaran tinggi, masih di hitung, cuma untuk MPM gratis akan diberikan ke pemerintah daerah,” tuturnya.

BACA JUGA : Jangan Gegabah Buka Sekolah di Masa Pandemi Covid-19

Pembangunan Jalur Puncak II merupakan proyek Pemerintah Provinsi Jabar dan pemerintah pusat. Sedangkan Pemkab Cianjur ditugaskan melakukan pembebasan lahan untuk mendukung percepatan pembangunan.

Mengenai anggaran yang akan digelontorkan, pihaknya belum bisa memberikan informasi. Pasalnya saat ini masih dalam perencanaan.

“Nanti masih dirancang dulu, karena kita belum sampai kesana dan dananya pun belum ada. Nanti kita lihat di perubahan,” tutupnya. (kim)