Hore! Tempat Wisata Akan Segera Dibuka Kembali

CEK KESIAPAN: Plt Bupati Cianjur mengecek langsung kesiapan jelang new normal di salah satu tempat wisata. Foto: Dokumentasi For Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Pemerintah Kabupaten Cianjur akan segera terbitkan Peraturan Bupati (Perbup) terkait akan dibukanya kembali tempat wisata dengan tetap menerapkan protokol kesehatan jelang pemberlakuan ‘New Normal’ nanti.

Hal tersebut menyusul setelah adanya kunjungan Plt Bupati Cianjur yang memantau langsung kesiapan di salah satu objek wisata Taman Bunga Nusantara (TBN) yang berada di Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur.

“Destinasi wisata Taman Bunga Nusantara akan segera dibuka pasca penutupan setelah lebih dari dua bulan akibat pandemi Covid-19. Rencananya pada tanggal 5 Juni 2020, setelah keluar Peraturan Bupati (Perbup),” ujar Plt Bupati Cianjur H. Herman Suherman yang didampingi Kadisparpora, Yudi Ferdiana usai kunjungan kerjanya, Selasa (2/6/2020).

Direktur Operasional Taman Bunga Nusantara, M. Ikbal Haraz, mengatakan, pada tahap awal pembukaan, sudah disiapkan Standar Operasional (SOP) dan perangkat yang diperlukan sesuai dengan protokol kesehatan, guna menjamin pengunjung yang datang ke TBN merasa aman.

“Sesuai janji Pak Bupati, akan segera dibuatkan Perbup nya nanti hari jumat ditandatangani. Pemerintah menyiapkan aturan, kami menyiapkan sop dan perangkat yang diperlukan agar betul-betul aman selama di taman bunga termasuk juga karyawan yang bekerja,” kata Ikbal di Sukaresmi.

Ikbal menuturkan, pada penutupan sebelumnya, karyawan diberlakukan penjadwalan secara bergantian, sampai saat ini Ikbal memastikan tidak ada karyawan Taman Bunga yang di PHK ditengah Pandemi Covid-19.

“Sejauh penutupan dari tanggal 18 maret, kita tidak ada phk, semua karyawan disini berjumlah 324 orang hanya dijadwal secara bergantian, ada yang 10 hari bekerja, ada juga yang 15 bekerja jadi bergantian,” ungkap Ikbal.

Sementara khusus untuk Warga Cianjur, Ikbal menuturkan, akan memberikan diskon sebesar 50 persen, selama tiga bulan setelah dibuka kembali, namun untuk pengunjung luar Cianjur diberikan kemudahan yakni pembelian tiket secara online.

“Untuk warga Cianjur hanya membawa foto copy KTP, nanti kita berikan diskon selama 3 bulan, agar tidak terjadi antrian kita juga buka booking secara online nantinya hanya menunjukan voucher kepada petugas,” tutupnya. (dan)