Perketat Penerapan Protokol Kesehatan Pasar-Tempat Wisata

RADARCIANJUR.com – Bupati Cianjur, Herman Suherman meninjau kesiapan penerapan prosedur standar new normal di tempat wisata dan pasar pada Selasa (2/6). Tempat wisata yang ditinjau Herman adalah Taman Bunga Nusantara dan Hotel Le Eminence Puncak Hotel Convention & Resort. Sementara pasar yang ditinjau adalah Pasar Cipanas.

Didampingi Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Cianjur, Yudi Ferdiana, Herman tiba di Taman Bunga Nusantara pukul 10.45 WIB.

Mengenakan kemeja putih berompi dan masker, Herman terpantau memeriksa setiap sudut yang ada di Taman Bunga Nusantara. Terpantau, pengelola Taman Bunga Nusantara sudah mempersiapkan protokol kesehatan seperti adanya tenaga medis, pengecekan suhu tubuh, tempat cuci tangan, hingga tanda jaga jarak antar pengunjung.

“Hasil peninjuaan kami, 90 persen sudah siap. Fasilitas kesehatan sudah mengikuti protokol kesehatan sudah lengkap. Kami berharap bagi pengunjung yang akan berwisata untuk tidak bergerombol dan harus dipastikan sehat. Silahkan datang, jika Perbup sudah dirancang dan siap,” kata Herman setelah selesai mengecek kesiapan protokol kesehatan di Taman Bunga Nusantara, kemarin.

Herman menegaskan, pemeriksaan ini bertujuan untuk memastikan kesiapan tempat wisata dalam menjalankan protokol kesehatan saat dibuka nanti. Herman memastikan akan mengecek dan meninjau kesiapan protokol kesehatan juga di tempat wisata lainnya sebelum tempat wisata itu dibuka.

“Tempat wisata yang lain juga sama, dan sebelum dibuka, kami akan meninjau terlebih dahulu untuk kesiapannya hingga Cianjur Clean n Clear dari Virus Covid-19. Dan untuk masyarakat Cianjur diharapkan untuk tidak ber-euforia dulu. Karena dikhawatirkan akan lebih parah,” kata Herman.

Herman pun tak melarang apabila masyarakat hendak datang ke Cianjur. “Tentu saja silahkan datang, namun dengan catatan harus sehat, tidak bergerombol, dan tetap menerapkan prorokol kesehatan. Jika fase 1 berjalan dengan lancar, maka kita akan kanjut ke fase berikutnya,” tambah Herman.

Selesai meninjau Taman Bunga Nusantara, Herman terpantau melanjutkan tinjauan di Hotel Le Eminence Puncak Hotel Convention & Resort pada pukul 12.30 WIB. Di sana Herman meminta agar pengelola hotel bisa menambah lagi tempat cuci tangan dan tanda jaga jarak agar diperbanyak di setiap sudut kamar dan pintu keluar masuk.

“Tadi saya titip disiapkan protokol-protokol kesehatan ditambahkan sesuai SOP yang sudah ditentukan, sehingga nanti pengunjung hotel semuanya aman dari covid,” ujar Herman.

Herman kemudian melanjutkan tinjauan di Pasar Cipanas pada pukul 13.30 WIB. Sama halnya di Taman Bunga Nusantara dan Hotel Le Eminence, Herman juga mengecek kesiapan protokol kesehatan di Pasar Cipanas. Fasilitas kesehatan di Pasar Cipanas terpantau juga sudah sesuai seperti pengecekan suhu tubuh dengan thermo gun. Herman meminta kepada pengelola Pasar Cipanas untuk menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

“Saya sudah minta protokol kesehatan diterapkan secara ketat. Karena ini kan pasar pasti kerumunan yang dimunculkan akan banyak. Jadi saya minta dari pintu masuk sampai di dalam harus ada tempat cuci tangan,” tegas Herman. (*/yaz)