Soal New Normal, Dishub Cianjur Siapkan SOP

Ilustrasi New Normal

RADARCIANJUR.com- Pemberlakuan New Normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) memerlukan kebijakan dan peraturan yang matang dan sesuai seperti pada bidang lalulintas dan transportasi.

Kepala Seksi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas, Muhammad Iqbal mengatakan, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur tengah mempersiapkan sejumlah SOP.

“Untuk saat ini kita sedang menyiapkan SOP pelayanan di terminal dan di pengujian serta menunggu aturan Kemenhub keterkaitan dengan pengendalian transportasi khususnya angkutan umum,” ujarnya.

Ia pun mengimbau kepada seluruh operator angkutan umum yang tengah beroperasi untuk tetap menyediakan alat kebersihan

“Untuk operator angkutan umum yang beroperasi tetap menyediakan handsanitizer dan menjaga jarak antar penumpang, sopir menggunakan masker sesuai protap,” ungkapnya.

Lanjutnya, masyarakat sebagai penumpang angkutan umum pun tetap mematuhi protokol kesehatan demi mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19.

“Untuk warga masyarakat dan pengguna jalan ketika berkendara tetap melaksanakan sesuai protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak antar penumpang. Utamakan keselamatan dalam berkendara dan tetap patuhi rambu-rambu lalu lintas,” paparnya.

Saat ini, ia menyebutkan kondisi lalulintas di sejumlah titik terlihat ramai lancar jelang pemberlakuan New Normal atau AKB.

“Kalau melihat pantaua di lapangan dan di cctv pada 3 titik, Tugu tauco, simpang toko lili, jalan HOS Cokroaminoto, kondisi lalu lintas ramai lancar,” terangnya.

Ia pun menilai, pada saat pemberlakuan New Normal atau AKb di Kabupaten Cianjur, tidak akan ada lonjakan kendaran karena sebelumnya memang sudah ramai.

“Kemungkinan tidak, sepertinya untuk jam puncak pagi, siang sore. Karena aktivitas sudah mulai berjalan normal seperti sebelumnya juga kondisi lalu lintas ramai,” tutupnya. (kim)