Jelang New Normal, Seperti Ini Protokol Kesehatan di Pasar Cipanas

DIPERIKSA: Pengunjung pasar tengah diperiksa saat akan masuk ke pasar Cipanas. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Jelang pemberlakuan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau “new normal” di sejumlah wilayah, termasuk di Kabupaten Cianjur, pasar rakyat makin membiasakan pemeriksaan terhadap warga yang hendak masuk ke fasilitas jual beli tersebut.

Kepala Unit Pelayanan Terpadu (UPTD) Pasar Cipanas, Heru Haerul Hakim mengatakan, akan adanya pemberlakuan AKB bukan berarti masyarakat bebas untuk beraktivitas, namun justru lebih membiasakan diri menjalankan hidup sehat.

“Jadi sebelum masuk ke pasar, tetap harus menggunakan masker, termasuk dicek suhu tubuh dan tidak begitu banyak bersentuhan langsung,” ujarnya kepada radarcianjur.com, Kamis (4/6/2020).

Menurut Heru, dengan membiasakan masyarakat atau pengunjung pasar untuk berperilaku hidup sehat, maka setidaknya penyebaran virus Covid-19 saat ini bisa terus ditekan bahkan memutus mata rantai penyebarannya.

“Kita terus antisipasi pencegahannya. Jadi tidak hanya mengingatkan masyarakat untuk senantiasa selalu waspada dengan adanya virus Corona, namun membiasakan pengunjung pasar itu memakai masker,” ujarnya.

Ia berharap, masyarakat bisa beradaptasi dengan keadaan yang baru ini terutama dengan adanya yang dicanangkan Gubernur Jawa barat.

“Mudah-mudahan masyarakat sekarang sudah bisa untuk menjaga kesehatan dirinya pribadi,” katanya. (dan)