Tak Miliki Handphone Kendala Siswa Ikuti Penilaian Akhir Tahun

ANTUSIAS: Para siswa di SMPN 1 Cianjur tengah mengikuti kegiatan Penilaian Akhir Tahun (PAT).( FOTO: RISMA RUSTIKA SARI/RADAR CIANJUR)

RADARCIANJUR.com – Kepala SMPN 1 Cianjur, Esih Nurhasana menyatakan, bahwa dalam pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT) dengan menggunakan sistem online di SMPN 1 Cianjur merupakan hal yang baru pertama kali dilaksanakan pada tahun sekarang. Mengingat saat ini sedang merebaknya virus Covid-19.

Esih menuturkan, pelaksanaan PAT di SMPN 1 Cianjur dilaksanakan pada mulai tanggal 02 Juni-06 Juni 2020 dengan jumlah mata pelajaran sembilan mata pelajaran.

“Ada sembilan mata pelajaran yang diujiankan kecuali olahraga, seni budaya dan TIK karena PAT di sini adalah ilmu pengetahuan. Sedangkan untuk yang lainnya diambil dari nilai tugas, nilai rapor ulangan harian, nilai ulangan tengah semester sebelum covid-19 terjadi,” katanya pada radarcianjur.com, Kamis (4/06/2020).

Ada 22 wali kelas yang diundang untuk memantau pelaksanaan PAT di ruang komputer. Untuk kelas VII satu ruangan dan untuk kelas VIII satu ruangan.

Namun, tidak dipungkiri dalam pelaksanaan PAT daring online, ada beberapa kendala, seperti tidak memiliki kuota, tidak memiliki handphone android maupun siswa memiliki handphone .

“Ada sekitar 12 orang yang tidak memiliki kuota dan siswa tersebut diberikan subsidi paket internet sebesar 5GB, untuk siswa yang tidak memiliki handphone kami memfasilitasi dengan cara manual yakni mengirimkan soal setiap hari oleh panitia ke rumahnya. Namun, bagi siswa yang melaksanakan ujian secara manual maka siswa tersebut melaksanakan ujian PAT nya di sekolah menggunakan komputer sekolah,” katanya.

Untuk waktu sendiri yakni dimulai dari pukul 07.30 WIB-11.30 WIB. Sedangkan untuk siswa yang mengalami kendala karena jaringan internet loading atau kendala lainnya, akan diberikan waktu hingga malam dan untuk siswa yang tidk mengikuti PAT karena berhalangan hadir sakit akan diberikan kebijakan mengikuti PAT susulan di hari berikutnya.(riz)