Ujian Daring Dimasa Pandemi Covid-19 di Cianjur Belum Merata

PAT DARING: Salah satu siswa tengah melaksanakan ulangan secara online.(Foto:Hakim/Radar Cianjur)
PAT DARING: Salah satu siswa tengah melaksanakan ulangan secara online.(Foto:Hakim/Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com-Sebanyak 20 sekolah negeri di Kabupaten Cianjur saat ini tengah melaksanakan Penilaian Akhir Tahun (PAT) secara online.

Sementara sisanya melaksanakan PAT di luar daring dengan pelaksanaan di rumah siswa masing-masing, melalui teknis soal yang diantar langsung oleh guru ke rumah siswa.

Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Cianjur, Tjupi Kanigara mengatakan, sebanyak 20 SMP negeri di Kabupaten Cianjur melaksanakan PAT secara online.

“Hasil laporan dari para kepala sekolah memang hari ini sedang dilaksanakan penilaian akhir tahun. Tapi karena kondisinya sekarang sedang dalam masa pandemi Covid-19, dan diperintahkan baik oleh Kementerian atau dinas agar dilaksanakan di rumah,” ujarnya.

Ia melanjutkan, pelaksanaan PAT dilaksanakan di rumah, ada yang melalui online atau daring itu untuk beberapa sekolah yang memang mempunyai kapasitas infrastruktur internet yang memadai.

“Mungkin kalau untuk swasta belum mendapatkan informasi, tapi saya yakin kalau untuk SMP IT yang memproklamirkan diri bahwa SMP itu IT pasti melaksanakan kegiatannya melalui daring. Untuk yang belum mempunyai kapasitas internet yang cukup itu bisa melalui di luar jaringan atau manual. Itu soal-soalnya dikerjakan di rumah,” terangnya.

Pelaksanaan PAT secara manual memang terkendala dengan waktu, pasalnya guru mata pelajaran harus mengantar soal keliling langsung ke rumah siswa.

“Memang kondisi sekarang ini membuat penilaian-penilaian baik semester maupun akhir tahun itu tidak bisa maksimal, tapi kan proses harus berjalan terus,” paparnya.

Pada prinsipnya itu sudah berjalan, tinggal menunggu hasilnya, kemungkinan tidak memuaskan seperti kondisi normal.

“Tapi ini jadi pelajaran bagi kita khsusnya di Kabupaten Cianjur bahwa sekolah itu keberadaan tekhnologi informasi khususnya internet sudah menjadi kebutuhan di sekolah dengan kondisi sekarang ini,” jelasnya.

Untuk Cianjur Selatan pun pelaksanaannya secara manual dan disesuaikan dengan protokol kesehatan.

“Saya berharap agar pelaksanaan PAT ini bisa berjalan dengan baik walaupun di tengah pandemo Covid-19, dan saya berharap agar kondisi bisa kembali normal agar semua kegiatan bisa berjalan normal seperti biasanya,” harapnya.

(kim)