Komisi I DPRD Jabar Pantau Kesiapan AKB di Pasar Cipanas

PANTAU PERSIAPAN AKB: Komisi 1 DPRD Jabar tengah mantau kesiapan AKB di Pasar Cipanas.(Foto: Dadan Suherman/Radar Cianjur)
PANTAU PERSIAPAN AKB: Komisi 1 DPRD Jabar tengah mantau kesiapan AKB di Pasar Cipanas.(Foto: Dadan Suherman/Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com-Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat meninjau langsung kesiapan dalam mengawal kebijakan penerapan new normal atau adaptasi kebiasaan baru (AKB), yang akan dilaksanakan di Kabupaten Cianjur.

Dalam kunjungan tersebut, hadir dua anggota dewan yakni Sadar Muslihat dari fraksi PKS dan Mirza Agam Gumay dari Gerindra, yang keduanya langsung meninjau ke pasar terbaik kedua di Jabar itu, Kamis (4/6/2020).

Anggota Komisi I DPRD Provinsi Jawa barat, Sadar Muslihat mengatakan, monitoring dan evaluasi terkait perubahan penerapan kebijakan dari PSBB ke new normal ini adalah adanya kekhawatiran lonjakan masyarakat berkerumun di fasilitas umum salah satunya adalah pasar rakyat.

“Tapi kami dapat laporan dari kepala pasar bahwa dari hasil rapid test tempo hari, tidak ada yang positif,” ujarnya kepada radarcianjur.com, usai meninjau Kamis (4/6/2020).

Meskipun begitu, pihaknya tetap menekankan agar protokol kesehatan harus terus dijaga. Bahkan selain itu, Sadar melihat, dari mulai pos depan telah ada pemeriksaan baik cek suhu tubuh, dan harus menggunakan masker serta tersedianya tempat cuci tangan.

“Jadi untuk para pengunjung pasar dan para pedagang minimal tetap harus menggunakan masker,” katanya.

Jika melihat pergerakan angka terpapar yang ada di Jawa Barat sendiri, ia menilai, adanya kebijakan new normal ini masih cukup mengkhawatirkan. Karena beberapa daerah masih terjadi lonjakan.

“Kan masing-masing wilayah juga tidak bisa disamakan untuk menerapkan new normal ini. Contoh seperti di Cianjur saja, itu kan pasti berbeda kondisinya dengan wilayah lain,” katanya.

Dirinya berharap, kebijakan new normal ini tidak serta merta langsung dipaksakan. Namun disesuaikan dengan wilayah-wilayah yang ada.

Kepala UPTD Pasar Cipanas Heru Haerul Hakim mengatakan, sangat antusias sekali dengan adanya kunjungan dari anggota dewan Jawa Barat yang langsung turun ke bawah untuk meninjau langsung kesiapan jelang new normal.

“Kami sangat senang sekali, bahkan lebih bersemangat kembali dengan adanya spirit dari mereka yang selalu menyemangati kita. Termasuk dukungan dalam menampung aspirasi yang kurang dan harus dilengkapi sebagai pengelola pasar rakyat ini,” katanya.

(dan)