Buka Kembali Sekolah, Anggota Komisi 1 DPRD Jabar: Harus Dipertimbangkan

Sekretarsi komisi I DPRD Provinsi, Sadar Muslihat

RADARCIANJUR.com – Darurat Covid-19 yang kini masih menjadi Pandemi dunia termasuk Indonesia, membuat seluruh sektor berdampak. Salah satunya adalah di bidang pendidikan.

Kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah bagi para siswa masih terganjal dan belum bisa dipastikan kapan akan dimulai kembali proses tersebut.

Kendati demikian, waktu yang akan ditentukan nanti oleh pemerintah, supaya bisa dipertimbangkan sebaik mungkin. Karena memang cluster pendidikan ini masih cukup rawan terjadinya penyebaran virus covid-19

“Bahwa memang cluster pendidikan ini cukup rawan terjadinya penyebaran virus covid-19. Sebab selain daripada ada adanya pengumpulan orang dari berbagai usia, juga termasuk anak-anak pun masih bisa rentan terpapar jika akan mulai sekolah lagi,” ujar Anggota Komisi 1 DPRD Jabar, Sadar Muslihat kepada radarcianjur.com, belum lama ini.

Menurutnya, sektor pendidikan akan menjadi cluster tersendiri jika memang sekolah akan mulai lagi apalagi kalau tidak hati-hati.

Sadar menilai, bahwa keinginan untuk memulai kembali sekolah harus sangat dipertimbangkan. Termasuk karena pemerintah pusat belum bisa menyetujui hal tersebut.

“Jadi intinya harus sangat dipertimbangkan dari segala sektor di sekolah. Mulai dari orang tua murid, guru dan semua stakeholder yang ada di sekolah harus benar-benar siap. Baru bisa kembali dimulai,” tutur pria berkacamata itu.

Ia juga menyebut, untuk kembali memulai proses belajar mengajar mesti sangat terukur. Melihat dari gejala-gejala yang ada. Jika memang kondisinya sudah mulai landai, baru bisa disiapkan. Tetapi sebaliknya jika kurva terpapar masih melonjak, maka jangan dipaksakan.

“Jadi nggak bisa dipatok waktu untuk memulai proses KBM. Tapi dilihat dari fenomena yang ada. Kalau sudah landai dan aman maka bisa dipersiapkan. Kan sekolah ini akan menjadi cluster terbaru juga pasca pandemi Covid-19 ini,” tukasnya. (dan)