Transisi PSBB Cianjur, Cibodas Diserbu Wisatawan

RAMAI: Tempat wisata di lahan swasta Cibodas cukup ramai dipadati wisatawan. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Masa peralihan dari kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ke ‘New Normal’ atau adaptasi kebiasaan baru (AKB) oleh pemerintah, di sejumlah wilayah termasuk di Kabupaten Cianjur, justru membuat sebagian masyarakat memanfaatkannya dengan berwisata atau rekreasi.

Berdasarkan pantauan langsung di beberapa kawasan wisata di Cipanas Cianjur, cukup diserbu para wisatawan lokal maupun luar Cianjur.

Seperti yang terlihat di kawasan Objek Daerah Tujuan Wisata (ODTW) Cibodas, Cipanas, Cianjur. Ratusan kendaraan roda dua maupun empat yang hampir didominasi oleh warga luar kota masuk ke wilayah tersebut.

Kendati objek wisata di kawasan itu masih ditutup sementara, seperti halnya Kevin Raya Cibodas (KRC), dan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), namun para pengunjung justru memanfaatkan keindahan dan keasrian alam di lahan yang diketahui milik swasta di wilayah ODTW Cibodas.

“Saya dari Bekasi pak, sengaja saja ingin berlibur ke Puncak Cipanas. Nah kebetulan ada yang ngasih tau bahwa ke wilayah Cibodas itu ada tempat yang nyaman. Bahkan bisa ngecamp dan ada Curug juga disana,” kata salah seorang wisatawan, Dhani (30) kepada radarcianjur.com, Sabtu (6/6/2020).

Dhani menyebut, bahwa di kota kelahirannya itu belum ada tempat wisata yang sejuk nan indah yang buka begitu saja. Karena memang masih cukup ketat saat masa transisi PSBB ke new normal sekarang.

“Ah belum bisa pak kalau di Bekasi. Makanya saya pilih Puncak Cipanas buat berlibur bareng keluarga,” ujarnya.

Hal sama dikatakan salah seorang pemilik warung di Kawasan Objek Daerah Tujuan Wisata (ODTW) Cibodas. Ade (42) mengaku, sudah beberapa hari pasca lebaran ini, warga dari Cianjur maupun luar kota sering berdatangan.

Namun, karena objek wisatanya masih tutup, mereka kebanyakan hanya sekadar nongkrong-nongkrong dan makan di warung yang ada.

“Iya kang, dari setelah lebaran aja calon wisatawan sering datang kesini. Tapi jadi malah cuma nongkrong-nongkrong aja,” katanya.

Ia menyebut, ada sekitar 50 sampai 100 orang setiap harinya yang datang ke ODTW Cibodas. Baik kendaraan roda dua maupun empat.

“Kebanyakan paling keluarga yang naik motor,” ujarnya.

Ia hanya berharap, tempat wisata yang ada di Cianjur ini bisa segera dibuka, dan industri pariwisata bisa mulai pulih. (dan)